Pendidikan

Cara SMPN 23 Jaga Kebersihan Ruang Kelas

Berikan Piala Bergilir Kepala Sekolah

SMPN-23
TUNJUKAN PIALA: Perwakilan kelas pemenang lomba kebersihan kelas didampingi wali kelas menunjukan piala bergilir kepala sekolah. Istimewa

Radarbekasi.id – Banyak cara yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah untuk menjaga ruang kelas agar tetap bersih sehingga nyaman digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Di SMPN 23 Kota Bekasi, dilakukan melalui program kebersihan kelas melalui perlombaan yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

Program kebersihan kelas mulai diterapkan SMPN 23 Kota Bekasi pada tahun ajaran 2019/2020. Program ini berlaku bagi seluruh kelas 7-9 di sekolah tersebut.

”Untuk program bersih kelas ini kami menggunakan sistem penilaian yang rutin dilaksanakan setiap hari, jadi setelah 1 bulan penilaian nanti akan dipilih kelas mana yang mendapatkkan nilai kebersihan paling baik dan akan mendapatkan piala bergilir kepala sekolah,” terang Kepala SMPN 23 Kota Bekasi Watimah kepada Radar Bekasi, Senin (7/10).

Piala bergilir akan diberikan oleh masing-masing kelas 7, 8, dan 9 yang mendapatkan penilaian terbaik. Pengumuman perlombaan dilakukan pada saat pelaksanaan upacara.

Dalam program ini, petugas khusus yang telah dibentuk oleh pihak sekolah akan memberikan penilaian kebersihan kelas pada Senin-Jumat saat jam istirahat.

Tim penilai didampingi oleh tiap wali kelas akan memeriksa kebersihan dan kerapihan tiap masing-masing kelas. Proses penilaian dilakukan sekitar sekitar 15-30 menit.

”Penilaian dilaksanakan setelah jam istirahat selesai, karena terlihat siswa atau kelas mana yang peduli dengan sampah makanan yang sudah digunakan pada jam istirahat. Kalau penilaian dilaksankan pada pagi hari semua akan terlihat rapih dan bersih,” tegasnya.

Meskipun belum lama dijalankan, program ini diklaim cukup efektif. Hal itu dibuktikan dari semangat siswa yang terus berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai kebersihan terbaik di kelasnya masing-masing.

Selain itu, program ini telah mampu menjadikan SMPN 23 sebagai sekolah bermutu dengan lima program keunggulan. Salah satunya kebersihan kelas.

”Dengan salah satu program bersih kelas ini kami mendapatkan gelar sebagai sekolah bermutu yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud),” ungkapnya.

Melalui program ini, Watimah berharap kepada seluruh siswanya agar menjaga kebersihan lingkungan menjadi suatu hal yang biasa. Dengan demikian siswa dapat terbiasa dengan hidup sehat dan bersih baik di dalam maupun luar lingkungan sekolah.

”Kalau kelas bersih siswa akan lebih konsentrasi untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan tentunya tidak ada lagi nyamuk-nyamuk yang bersarang disampah-sampah yang ada di ruang kelas,” pungkasnya. (cr46)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close