BeladiriBerita UtamaOlahraga

Pesilat Jabar Hadapi Tryout

Persiapan PON Papua 2020

IPSI
DIUJI: Atlet pemusatan latihan daerah (Pelatda) PON Jawa Barat foto bersama disela agenda tryout belum lama ini. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Atlet Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat yang dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020 mulai dihadapkan pada program tryout.

Hal itu dibenarkan salah satu atlet pemusatan latihan daerah (Pelatda) PON Jabar asal Kabupaten Bekasi, M Syafril yang dipersiapkan pada kelas I putra.

Sejauh ini tidak banyak waktu latihan yang dijalankan IPSI Jawa Barat, di GOR Pajajaran Bandung. ”Iya, kita lebih banyak tryout. Di dua bulan ini, lebih dari tiga kali atlet silat yang diterjunkan di kejuaraan-kejuaraan,” ujarnya ketika dikonfirmasi Radar Bekasi, Senin (7/10).

Hal senada di ungkapkan, atlet IPSI Kabupaten Bekasi lainnya, Hana Hanifah yang dipersiapkan di kelas F putri. Kata dia, saat ini mereka mulai ditempa program latihan dan di uji lewat kejuaraan.

Program tersebut dijelaskan Hana bagian dari persiapan. Pasalnya ada banyak pesilat unggul yang akan mereka hadapi di PON nanti.

”Semua atlet pasti memiliki persiapan matang. Jawa Timur, dan Jawa Tengah masih menjadi lawan yang saya perhitungkan,” imbuhnya.

Dilain tempat, Pelatih IPSI Kabupaten Bekasi, Bayu Hananto Kurniawan menuturkan, sebanyak dua atlet Kabupaten Bekasi akan mengambil bagian pada ajang olahraga multievent di Papua nanti.

Hasil komunikasi, dengan Jawa Barat, program prioritas yang akan dihadapi masih pada tryout atlet.

”Atlet kita dua, sudah resmi memperoleh SK. Pertama Syafril dan kedua Hana. Sejauh ini, volume latihan sudah ditingkatkan Jawa Barat dari sejak bulan September 2019,” katanya.

Pada Pelatda PON Jawa Barat, tiga kali tryout sudah dijalankan. Pertama lewat Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Jogja, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

”Sudah di uji juga dengan atlet Pelatnas lain di luar Jawa Barat. Ini menjadi Pelatda PON. Selebihnya, tryin di lokasi Pelatda IPSI Jawa Barat. Itupun hanya evaluasi,” bebernya.

Pelatih yang akrab disapa Bayu itu menuturkan, program lanjutan yakni Training Center (TC) mengarah pada target pencapaian medali.

Meski begitu dia belum mendapatkan informasi lebih lanjut, mengenai berapa medali yang akan ditargetkan Jawa Barat pada PON nanti.

”Kita sendiri, belum tau persisinya berapa target medali yang akan ditargetkan IPSI Jabar. Sejauh ini, tahapan TC akan memperjelas, berapa targetnya. Yang pasti, atlet kita menjadi andalan Jabar,” tukasnya. (dan)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close