Berita UtamaPendidikan

Tiap Semester Ditarget Hafal Satu Juz

SMP-Islam-Darussalam
HAFALAN ALQURAN: Siswa kelas tahfidz melakukan hafalan Alquran di ruang kelas. Siswa pada kelas khusus ini setiap semester ditargetkan mampu menghafal 1 juz Alquran.Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – SMP Islam Darussalam Kota Bekasi memiliki kelas tahfidz. Siswa pada kelas khusus ini setiap semester ditargetkan mampu menghafal 1 juz Alquran.

Kepala SMP Islam Darussalam Kota Bekasi Muhamad Soleh menjelaskan kelas tahfidz sudah berjalan selama dua tahun. Terdapat 52 siswa kelas 7 dan 8 pada kelas ini.

Lanjut dia, kelas tahfidz sebagai alternatif orang tua siswa yang ingin menyekolahkan anaknya ke pesantren, namun tidak ingin meninggalkan rumah terlalu lama.

”Kelas tahfidz ini sebenarnya permintaan dari sebagian orang tua murid yang ingin menyantrenkan anaknya namun tidak ingin anaknya terlalu lama meninggalkan rumah, maka pihak sekolah memberikan alternatif untuk membuat kelas tahfidz ini,” jelas Soleh kepada Radar Bekasi, Selasa (8/10).

Pada kelas khusus ini, siswa tak langsung diminta menghafal Alquran. Selama tiga bulan siswa kelas 7 tahfidz terlebih dahulu harus mengikuti pembelajaran tahsin atau perbaikan bacaan Alquran. Setelah itu, siswa dapat mengikuti proses hafalan Alquran.

”Jadi untuk siswa baru kelas tahfidz kita tidak langsung terapkan hafalan Alquran, ada prosesnya dulu selama 3 bulan pembelajaran untuk memperbaiki bacaan Alquran seperti tajwid ataupun mahrojnya,” tuturnya.

Menurutnya, kelas reguler memiliki waktu belajar 49 jam per minggu. Sementara waktu belajar kelas tahfidz lebih lama 4 jam menjadi 53 jam karena setiap Senin-Kamis terdapat jam tambahan.

”Setiap Senin dan Kamis siswa datang lebih awal yaitu sebelum bakda subuh, jadi mereka datang untuk salat subuh berjamaah kemudian diberikan waktu sekitar 15-20 menit untuk menghafal Alquran,” ujarnya.

Pada kelas khusus ini, pihak sekolah mulai memisahkan siswa laki-laki dan perempuan. Namun untuk sementara ini baru berjalan pada siswa kelas 7 karena jumlah siswanya yang cukup banyak.

Selama dua tahun kelas tahfidz berjalan, kata dia, program ini cukup efektif. Cukup banyak siswa mampu menghafal Alquran dalam waktu yang ditentukan.

”Terlihat sekali perubahan nya karena setiap 1 semester kami targetkan siswa untuk menghafal 1 Juz dan terbukti siswa mampu untuk melaksanakan hal itu bahkan ada juga yang melebih batas hafalan yang sudah ditentukan,” katanya.

Ia berharap kedepan siswanya dapat mengamalkan serta menjalankan hafalan Alquran-nya dengan baik. Selain itu bisa menjaga hafalannya setelah lulus nanti.

”Kami harapkan siswa bisa menjaga hafalan Alquran, sehingga jika mereka jadi pemimpin mereka tahu mana yang baik dan buruk tentunya sesuai dengan arti masing-masing yang terkandung didalam Alquran,” pungkasnya. (cr46)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close