Bekasi

Hujan di Hulu, Bekasi Masih Aman

RadarBekasi.id – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Bogor, tepatnya di hulu sungai Cikeas dan Cileungsi, membuat hulu sungai Cileungsi hari Selasa malam sempat berstatus siaga empat. Kondisi ini membuat khawatir banjir kiriman di wilayah aliran kali Bekasi.

”Kemarin di kedua hulu Cileungsi dan Cikeas hujan lebat dan dalam durasi yang lama. Kalau kenaikan volume air cukup signifikan semalam, jadi sempat siaga empat, tapi saat ini sudah normal kembali,” kata Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi dan Cikeas (KP2C) Puarman, Rabu (9/10).

Meskipun demikian, warga Kota Bekasi masih bisa tidur nyenyak saat ini. Volume air di kedua sungai yang merupakan hulu dari kali Bekasi satu hari kemudian terpantau normal. Tidak akan ada kiriman air yang cukup berarti.

Hujan di hulu sungai Cikeas dan Cileungsi sempat membuat tinggi muka air di pertemuan dua sungai atau memasuki Kali Bekasi naik hingga ketinggian 250 cm, hanya 50 cm dari batas normal ketinggian air, Rabu (9/10) dini hari. Dihari yang sama hujan juga masih mengguyur hulu sungai, dengan intensitas rendah.

”Cukup lama sekitar enam jam, tapi hujan berhenti, hujan berhenti. Kita bisa menginformasikan enam jam sebelum air tiba di Kota Bekasi, jadi untuk saat ini dipastikan tidak ada,” lanjut Puarman.

Hujan yang cukup lebat membuat kualitas air di sungai Cikeas membaik. Pasalnya, air yang sebelumnya hitam pekat hingga mengalir ke Kota Bekasi, membaik setelah volume air bertambah.

Sementara itu, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi aktif memantau saluran air dan kali memasuki musim penghujan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir saat kiriman air datang dari hulu sungai Cileungsi dan Cikeas.

”Kita juga melakukan monitoring saluran-saluran air, disamping kita juga aktif untuk melakukan pembersihan,” ungkap Kepala DBMSDA Kota Bekasi, Arief Maulana.

Arief menambahkan, selama ini setiap hari Sabtu sudah dilakukan kerja bakti oleh seluruh aparatur pemerintahan dilingkungan masing-masing sampai tingakt kelurahan.

Senada, Wakil Ketua Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Karsono menyampaikan sampai dengan saat ini air kiriman masih terpantau aman.”Masih aman,” singkatnya saat dihubungi oleh Radar Bekasi. (Sur)

Related Articles

Back to top button