Berita UtamaPublik

AWPI Peringati Hari Jadi Pertama

RadarBekasi.id – Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Bekasi Raya memperingati Hari Jadi pertama dengan menggelar sejumah rangkaian kegiatan. Di antaranya penyerahan penghargaan (AWPI DPC bekasi Raya Award 2019), pemberian santunan bagi anak yatim, Diskusi Media dan Hiburan, di Aula Nonon Sonthanie, Plaza Pemkot Bekasi, Sabtu (12/10) pagi hinga sore. Tema yang diusung adalah ’Peran Serta Pers Turut Membangun Bekasi Raya’

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Reny Hendrawaty mewakili wali kota Bekasi dan memberikan sambutan sekaligus membuka acara serta menerima penghargaan dari AWPI DPC Bekasi Raya yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum DPP AWPI, Dedy Nadiyanto.

Penghargaan juga diberikan AWPI DPC Bekasi Raya untuk Dandim 0507/Bekasi, Kolonel Inf Rama Pratama, M.Si (Han) dan Dandim 0509/Bekasi (diwakili Danramil Tambun Selatan) diserahkan oleh Imam Maliki Rabili.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto yang diwakili Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Eka Mulyana, menerima juga penghargaan dari AWPI DPC Bekasi Raya yang diserahkan oleh Rustam Fachri, Ahli Pers dari Dewan Pers.

Sedangkan penerima penghargaan AWPI DPC Bekasi Raya Award diberikan untuk bupati Bekasi diwakilkan kepada kasubag Protokol Humas Pemkab Bekasi.

Terpantau, banyak tamu undangan yang hadir memeriahkan acara tersebut. Seperti Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Pancasila, HIPAKAD, BPKB Banten, BAPAN, GANN dan sejumlah banyak Insan Pers dari internal serta eksternal AWPI.

Selain itu, mareka juga melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa penyerahan santunan kepada anak yatim dan diserahkan langsung kepada puluhan orang anak yang telah diagendakan sebagai penerima saat acara.

Saat itu juga digelar Diskusi Media dengan narasumber berkompeten di antaranya Wartawan Senior, Rustam Fachri, mantan redaktur pelaksana Majalah Berita Mingguan Tempo, pendiri Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan ahli Pers dari Dewan Pers. Selanjutnya dua narasumber lainnya, yakni Imam Maliki Rabili dan Didit Susilo. 

Ketua Panitia Pelaksana, Ainsyam, mengatakan, dirinya bersyukur acara berlangsung baik dan cukup lancar. Karena, hampir semua tamu kehormatan dan undangan lainnya hadir saat acara berlangsung. Bahkan, setiap rangkaian kegiatan berjalan sebagaimana diharapkan.

”Kami bersyukur, acara dan kegiatan berlansung baik dan cukup lancar. Kami berterima kasih untuk kehadiran para undangan bahkan Walikota Bekasi yang diwakili Sekda, sudah hadir, memberi sambutan bahkan membuka acara yang kami gelar. Tentu ini merupakan kebahagiaan bagi kami semua,” ungkap Ainsyam.

Sementara itu, Ketua AWPI DPC Bekasi Raya, M Lengkong, menyatakan, dia berharap agar kedepannya AWPI dapat lebih memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi berdasarkan kapasitas sebagai Pers. ”Serta turut berperan serta secara nyata berkontribusi dalam membangun Bekasi Raya,” katanya.

Ketua Umum Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI), Dedy Nadiyanto, dalam sambutannya menyampaikan, seluruh anggota AWPI diwajibkan untuk mengikuti diklat dan Uji Kompetensi Wartawan dan menjadi Sumber Daya Manusia yang unggul sesuai dengan Visi AWPI yaitu ”Membangun Insan Pers Indonesia yang handal, kuat dan profesional,” ungkapnya.

Sementata, Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Reny Hendrawaty, menjelaskan, dalam UU Pers Nomor 0 tahun 1999, dinyatakan bahwa pers merupakan lembaga sosial serta wahana komunikasi massa.

Fungsi pers, kata dia, sangat vital untuk membantu pemerintah dalam menyebarluaskan informasi baik informasi pelayanan maupun keterbukaan penyelenggaraan pemerintahan. ujarnya. 

”Melalui momentum satu tahun berdirinya AWPI Bekasi Raya, saya mengajak kepada teman-teman di AWPI Bekasi Raya untuk sama-sama dalam memajukan Kota Bekasi, sehingga Kota Bekasi yang kita cintai dan sayangi ini akan semakin maju dari segala bidang,” tutupnya.(pay)

Close