Berita UtamaBisnis

JEC dan Bukaka Rayakan Hari Penglihatan Sedunia

RadarBekasi.id – JEC Eye Hospitals & Clinics dan PT Bukaka Teknik Utama Tbk merayakan World Sight Day (WSD) atau Hari Penglihatan Sedunia 2019 yang jatuh setiap Kamis minggu kedua Oktober.

Rangkaian kegiatan WSD 2019 bertajuk ’Vision First’ diisi dengan Bakti Katarak berupa operasi katarak gratis bagi warga kurang mampu, Sabtu (12/10). Secara serentak penderita katarak yang tinggal di dekat Klinik Utama Mata JEC di 3 lokasi, yaitu Cibubur, Cinere, dan Bekasi, menjalani tindakan operasi katarak dengan standar layanan JEC.

Bakti Katarak dalam rangka WSD 2019 yang kami rayakan, JEC dan PT Bukaka Teknik Utama Tbk memfokuskan pada pasien-pasien katarak dari sekitar pabrik Bukaka dan di dekat klinik JEC @ Cinere dan JEC @ Bekasi. Kami berharap kemitraan ini dapat terus terjalin dan semakin banyak lagi mitra kerja yang terlibat, sehingga dapat memperkecil jumlah penderita katarak di Indonesia,” kata Ketua Panitia Bakti Katarak 2019 Dr Emma Rusmayani, dalam keterangan tertulisnya.

Kebutaan dan gangguan penglihatan masih menjadi masalah kesehatan di berbagai negara di dunia. Berdasarkan data organisasi kesehatan dunia (WHO), angka kebutaan di dunia mencapai 36 juta orang pada 2015. Katarak masih menjadi penyebab terbesar kebutaan, diikuti dengan glaukoma, kelainan refraksi dan penyakit mata lainnya.

Kepala Bedah Refraktif JEC sekaligus Direktur Utama JEC @ Menteng Dr Setiyo Budi Riyanto mengatakan, mata adalah jendela dunia yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia.

”Kerusakan penglihatan menyebabkan turunnya produktivitas seseorang, bahkan masa depan seseorang. Namun lebih dari 80 persen kerusakan penglihatan dan kebutaan masih dapat dicegah, termasuk kebutaan akibat katarak yang dapat direhabilitasi melalui tindakan operasi,” kata Setiyo dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut dikatakannya, setelah melalui tindakan operasi katarak dan penyembuhan, pasien terbukti mendapatkan kembali ketajaman penglihatannya dan bebas dari ketergantungan bantuan orang lain untuk melakukan aktivitas pribadi, seperti merawat diri atau kegiatan yang memerlukan mobilitas lainnya.

”Sehingga dapat dikatakan tindakan operasi katarak meningkatkan produktivitas pasien, bila dibandingkan kondisinya sebelum menjalani operasi,” imbuh Setiyo.

Founder PT Bukaka Teknik Utama Tbk Achmad Kalla mengatakan, pihaknya sangat senang dapat mengambil bagian dalam pelaksanaan Bakti Katarak dengan memfasilitasi warga kurang mampu dari sekitar klinik JEC dan lokasi pabrik Bukaka. Keterlibatan Bukaka dalam kegiatan ini juga merupakan ungkapan syukur ulang tahun PT Bukaka Teknik Utama Tbk ke-41.

”Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi karyawan Bukaka, untuk melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan yang mendatangkan manfaat bagi masyarakat, khususnya di sekitar lokasi pabrik Bukaka,” ungkap Achmad.

Selain Bakti Katarak, juga dilakukan pemeriksaan mata dan pemberian kaca mata gratis kepada anak-anak yang membutuhkan. Masih dalam rangkaian kegiatan WSD 2019, keluarga besar JEC Eye Hospitals & Clinics akan menghelat “JEC Fun Walk” di area car free day dan membuka stand di area parkir Gedung Sarinah Thamrin, pada Minggu, (27/10) mendatang. Peserta fun walk yang terdiri dari karyawan dan keluarga, akan melakukan karnaval di sepanjang Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengutamakan kesehatan mata sebelum terjadi gangguan pada penglihatan yang dapat berakhir dengan kebutaan.

Presiden Direktur JEC Eye Hospitals and Clinics Dr Johan A. Hutauruk menambahkan, dalam mengoptimalkan layanan, JEC selalu mengacu pada kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, akan semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati layanan kesehatan mata di JEC.

”Hal ini sejalan dengan visi jangka panjang JEC Eye Hospitals & Clinics, yaitu menyediakan layanan kesehatan mata terbaik bertaraf internasional bagi masyarakat Indonesia secara merata, termasuk bagi masyarakat kurang mampu yang memerlukan layanan kesehatan mata,” tukasnya. (oke)

Close