Berita UtamaPendidikan

Pengawas Sekolah Harus Profesional

Disdik-Jabar
BUKA ACARA: Kadisdik Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika saat membuka acara HUT ke-17 APSI di Aula Ki Hajar Kantor Disdik Jabar Kota Bandung, Senin (14/10).Disdik Jabar

Radarbekasi.id – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika mengimbau, Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) agar mampu meningkatkan mutu pendidikan dan menjadi pengawas yang profesional.

Hal tersebut disampaikan Kadisdik saat membuka acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 APSI di Aula Ki Hajar Kantor Disdik Jabar Kota Bandung, Senin (14/10). Pada kegiatan Seminar Kepengawasan bertajuk ”Pengembangan Karier dan Kenaikan Pangkat Pengawas Sekolah Madrasah Pasca-Terbitnya Permenagpan dan RB No. 13 Tahun 2019″ ini, Kadisdik mengatakan, APSI adalah garda terdepan dalam penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Termasuk di Jabar, organisasi ini mempunyai kemampuan memajukan sekolah serta mendorong anak-anak menjadi siswa yang dinamis dan memiliki daya saing.

”Mengingat pengawas sekolah adalah elemen yang langsung berinteraksi dengan institusi pendidikan, kepala sekolah, guru, dan siswa sehingga memiliki peluang untuk mengetahui berbagai masalah yang ada di pendidikan,” tutur Kadisdik, dikutip dalam laman resmi Disdik Jabar.

Pengawas sekolah, lanjutnya, sudah seharusnya berperan sebagai penyambung kebijakan pemerintah di bidang pendidikan. Selain itu, sebagai fasilitator bagi pengawas sekolah atau madrasah dalam mengembangkan karier, kenaikan pangkat, dan memperoleh penghargaan yang relevan serta sebagai pelindung pengawas sekolah atau madrasah dalam menjalankan tugas keprofesian.

Sementara itu, Ketua APSI Jabar Budi Setiadi menyatakan, di usia APSI ke-17 tahun ini, pihaknya akan bersinergi dengan Disdik Jabar guna mewujudkan Jabar Juara melalui pendidikan. Di antaranya, menyukseskan program Jabar Masagi dan meningkatkan hasil Ujian Nasional (UN) yang menjadi program prioritas APSI Jabar.

”Kolaborasi dengan Dinas Pendidikan merupakan langkah terbaik untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah atau madrasah agar lebih profesional, sejahtera, dan membangun jati diri pengawas yang bermartabat,” pungkasnya. (oke/tim)

Close