Berita UtamaMetropolis

Dewan Desak Evaluasi Izin THM

RadarBekasi.id – Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Evi Mafriningsianti turut menyikapi keluhan warga perumahan Mutiara Gading Timur (MGT), Kelurahan Mustikajaya, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi terkait sejumlah tempat hiburan malam (THM) yang berkedok karaoke keluarga.

Menurut Evi, keberadaan THM perlu pengawasan, karena hal itu terkait dengan pajak serta dampak yang diciptakan kepada warga sekitar. Pasalnya salah satu THM berada di dekat sekolah serta lokasi ibadah.

”Saya pikir harus dievaluasi izinnya, kenapa diizinkan tempat hiburan  (THM) di mana dekat dengan lingkungan sekolah dan rumah ibadah,” ujarnya ketika ditemui diruang kerja Fraksi PAN Gedung DPRD Kota Bekasi, Selasa (15/10).

Dijelaskannya, tidak hanya satu Dinas yang bertanggungjawab, tetapi semua terkait jika ada keluhan dan membuat keresahan warga akibat keberadaan THM.

”Jika ada yang jual miras dan lainnya yang membuat warga resah itu harus secepatnya diatur. Karena di Perwal nomor 32 tahun 2017 itu ada, dan diatur,” imbuhnya.

Pihaknya mengaku secara bertahap akan memanggil dinas terkait, menindaklanjuti persoalan tersebut.

Pemanggilan akan dilakukan kepada Disparbud, Disperindag dan DPMPTSP. ”Jadi kita akan atur jadwal dimana dinas yang kita panggil memang sesuai dengan kapasitasnya,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga akan melokalisir THM yang ada di Kota Bekasi. ”Pokoknya kita akan panggil dulu yang mana yang harus perlu di tutup ya kita tutup,” tegasnya.

Berkaitan dengan izin, Evi menyebut berdampak pula pada pajak yang akan disetorkan ke pemerintah daerah.

”Kalau non legal berarti dia tidak dikenakan pajak hiburan, ini yang penting juga harus linier antara izin kemudian dengan pajak. Jika tidak memiliki izin mereka tidak berkewajiban bayar pajak,” tandas Evi, sehingga perlu adanya evaluasi. (pay)

Close