Berita UtamaPendidikan

Gandeng Alumni Berikan Beasiswa

Radarbekasi.id – SMK Bangun Persada Kota Bekasi memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi dari kalangan kurang mampu. Selain untuk meringankan beban orang tua murid, pemberian beasiswa sebagai salah satu bentuk motivasi belajar siswa.

Kepala SMK Bangun Persada Kota Bekasi Kuswati mengatakan, pemberian beasiswa sebagai salah satu upaya mendorong siswa semangat belajar sehingga dapat meraih nilai yang tinggi. Program yang mulai berjalan pada tahun ajaran baru ini menggandeng ikatan alumni sekolah tersebut.

”Program beasiswa ini biasanya datang dari pihak donatur maupun yayasan. Tapi kali ini kami pihak sekolah mengajak alumni untuk sedikit memberikan rezeki mereka melalui program beasiswa yang nantinya akan disalurkan kepada adik-adik mereka atau siswa aktif yang saat ini berada di SMK Bangun Persada,” ujar Kuswati kepada Radar Bekasi, Selasa (15/10).

Program ini dapat diperoleh oleh seluruh siswa kelas 10-12. Calon penerima beasiswa harus memenuhi tiga kriteria untuk selanjutnya mengikuti seleksi berupa tes tertulis dan lisan dari pihak sekolah.

”Tiga kriteria itu adalah siswa berprestasi, aktif dan tidak mampu. Untuk siswa tidak mampu ada proses tambahan yaitu survei yang akan ditinjau langsung oleh pihak sekolah,” tuturnya.

Beasiswa berupa gratis sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) diberikan setiap tiga bulan sekali. Adapun kuota beasiswa yang disediakan saat ini untuk lima siswa.

”Jadi siswa yang menerima beasiswa pada tahun ini akan mendapatkan gratis SPP selama 3 bulan dan itu langsung dipotong dari SPP, kemudian setelah 3 bulan berjalan beasiswa itu akan diberikan lagi untuk siswa lainnya,” katanya.

Melalui program ini, Kuswati berharap dapat meningkatkan silaturahmi antara sekolah dengan para alumni. Sehingga rasa empat dan kepedulian dapat terus tumbuh.

”Saya berharap program ini bisa terus berlanjut dan tentunya ikatan alumni yang tergabung dalam program beasiswa di SMK Bangun Persada bisa terus ditingkatkan rejekinya dan untuk anak-anak semoga bisa menjalankan amanah belajarnya dengan baik,” harapnya.

Salah satu siswa penerima beasiswa, Prasetya Agung Pratama merasa terbantu adanya program tersebut. Ia bangga dapat menjadi bagian SMK Bangun Persada.

”Senang banget alhamdulillah kakak alumni kita masih peduli dan bisa membantu dana pendidikan kami di sekolah ini. Saya juga akan terus belajar untuk mendapatkan nilai yang lebih baik lagi di sekolah sehingga tidak mengecewakan kakak yang sudah memberikan amanat untuk kami agar tetap rajin belajar,” ungkap siswa kelas XI jurusan Administrasi ini. (cr46)

Tags
Close