Metropolis

Pemkab Harapkan Warga Melek IT

RadarBekasi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengimbau masyarakat untuk melek Informasi Teknologi (IT). Sebab Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bekasi telah mengeluarkan aplikasi Bebunge.

Bebunge merupakan aplikasi berbasis daring (internet/online) yang digagas Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja. Bebunge singkatan dari ”Bekasi Nyambung Bae”. Dengan harapan, layanan di Kabupaten Bekasi lebih cepat yang telah terintegrasi dan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

”Pelayanan publik, akan terus kita perbaiki. Dalam waktu dekat mengeluarkan layanan internet, disebut dengan Bebunge. Bebunge itu merupakan aplikasi internet, kepanjangan dari Bekasi nyambung bae,” ujarnya, belum lama ini.

Adanya program yang diluncurkan, Eka berharap dengan layanan Bebunge nantinya, masyarakat dapat menikmati layanan ambulans 24 jam secara gratis. Serta dapat diakses langsung melalui smartphone, yang terdapat di Kecamatan masing-masing.

Menurutnya, Kabupaten Bekasi dengan semangat yang baru, banyak inovasi baru. Dirinya ingin Kabupaten Bekasi bersih dari lingkungannya.

”Saat ini penanganan kegawatdaruratan yang sudah terintegrasi dengan Bebunge ada dari Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, BPBD, nantinya juga dari Dishub. Dari Satpol PP dan pihak Kepolisian,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Diskominfo Beni Saputra, mengharapkan, dengan adanya Bebunge dapat menyederhanakan laporan kegawatdaruratan yang diterima dari masyarakat. Agar golden time (waktu emas penyelamatan) tidak hilang, sehingga penanganannya dapat lebih dimaksimalkan lagi.

Aplikasi berbasis online ini, nantinya dapat diunduh dan digunakan melalui smartphone berbasis android atau iOs. Pelaporan kejadian kegawatdaruratan terhubung dengan pusat panggilan (call taker) yang ada di Diskominfo Kabupaten Bekasi dan dikoordinasikan dengan instansi yang bersangkutan.

”Jangan sampai, dengan adanya Bebunge ini bukan mempermudah, malah memperpanjang tahapan-tahapan. Intinya program inovasi ini demi kepentingan pelayanan publik,” tuturnya.(and/adv)

Close