KesehatanLife Style

Jangan Main Hp, Lakukan 6 Cara ini Kalau Susah Tidur

Radarbekasi.id – Saat mengalami susah tidur, banyak orang yang cenderung menghabiskan waktu untuk bermain gawai atau berselancar di dunia maya. Padahal, memandangi gawai jelang waktu tidur bisa mengganggu kualitas tidur. Jadi daripada berkutat dengan gawai, sebaiknya lakukan hal lain yang bisa membantu Anda tertidur.

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, bermain gawai ternyata bisa menurunkan kualitas tidur itu sendiri. Anda akan menjadi lebih sulit memejamkan mata, bahkan tidur jadi cenderung tak nyenyak.

“Rangsangan cahaya dari gawai dapat mengganggu irama sirkadian otak yang berpengaruh terhadap rasa kantuk seseorang. Lalu, penggunaan gawai menjelang waktu tidur juga akan membuat emosi bergejolak, sehingga rasa kantuk menjadi lebih sulit dirasakan,” ungkapnya.

Baca juga: Jangan Sampai Bunuh Diri, Kenali 8 Gejala Depresi Berikut

Selain itu, memilih bermain gawai saat susah tidur juga bisa menyebabkan kerusakan mata. Sebab, pancaran sinar biru dari layar gawai bisa menyebabkan kerusakan retina, berupa degenerasi makula. Bahkan, kondisi tersebut dapat menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan.

Lakukan hal yang lebih berguna dibanding main gawai
Semua orang pasti pernah mengalami susah tidur atau susah kembali tertidur setelah terbangun pada malam hari. Saat mengalaminya, daripada main gawai, lebih baik Anda coba lakukan hal ini:

1. Beranjak dari tempat tidur
Jika telah terbangun selama 20 atau 30 menit, sebaiknya Anda beranjak dari tempat tidur dan melakukan kegiatan tertentu selama 30 menit, seperti melipat cucian atau membaca, sebelum mencoba kembali ke tempat tidur.

“Idenya adalah agar Anda kembali ke tempat tidur ketika sudah kembali mengantuk, sehingga otak akan mengaitkan kamar tidur sebagai tempat untuk tidur daripada bangun,” ujar Susheel Patil, MD, PhD, ahli tidur dari Johns Hopkins Medicine seperti dilansir dari Livestrong.

2. Tahan keinginan untuk bermain gawai
Apa pun yang Anda lakukan, jangan mengambil gawai Anda untuk memeriksa email, media sosial, atau apa pun di dalamnya.

“Tidak hanya cahaya birunya yang mengganggu tidur, tapi barang elektronik cenderung bikin terjaga dan tidak membantu Anda untuk kembali tidur,” ungkap Dr. Patil.

3. Menghitung domba, tapi hitung mundur
Cara lawas ini sudah banyak diketahui. Biasanya, Anda akan tertidur ketika angka hitungannya sudah mulai banyak.

Baca juga: Cara Turunkan Risiko Serangan Jantung pada Penderita Depresi

Akan tetapi, Dr. Patil menyarankan Anda untuk menghitungnya secara mundur atau dari angka besar. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya dengan cara yang lebih sulit, seperti menghitung dengan kelipatan tiga.

“Tugas yang membosankan, tapi cukup bisa membuat Anda mengantuk. Mungkin kegiatan ini hanya pengalih perhatian yang dibutuhkan pikiran untuk tertidur lagi,” ungkap Dr. Patil.

4. Jangan tunda ke kamar mandi
Kalau Anda terbangun karena ingin buang air kecil, Anda harus segera melakukannya, jangan ditunda. Banyak orang yang menundanya dengan harapan tidur tidak terganggu. Nyatanya, setelah buang air kecil justru bisa membuat Anda kembali tertidur nyenyak.

5. Cobalah meditasi
Bagi yang sudah akrab dengan aktivitas ini, Anda bisa mencobanya jika susah tidur atau terbangun di tengah malam. Saat terbangun, lakukanlah gerakan meditasi. Intinya adalah melakukan gerakan untuk relaksasi, mulai dari kepala sampai kaki.

6. Lakukan teknik pernapasan dalam 4-7-8
Kalau susah tidur, coba lakukan teknik pernapasan dalam 4-7-8. Sebab, aktivitas pernapasan dalam dapat merangsang sistem saraf parasimpatis, yang bertanggung jawab atas aktivitas yang terjadi ketika tubuh dalam keadaan diam.

Cara melakukan latihan pernapasan dalam 4-7-8:

  • Duduk tegak dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan hitung sampai empat.
  • Tahan napas sampai hitungan ketujuh.
  • Buang napas melalui mulut hingga hitungan kedelapan, serta buat bunyi “woosh” yang terdengar.
  • Ulangi siklus ini sampai Anda relaks.
  • Putar lagu yang menenangkan
    Cara lain untuk membantu merangsang sistem saraf parasimpatis adalah dengan mendengarkan musik. Menurut Sleep Foundation, musik memiliki kekuatan untuk memperlambat detak jantung dan pernapasan, menurunkan tekanan darah, bahkan memicu otot-otot untuk relaks.

Itu adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan ketika susah tidur. Ingat, jangan ambil gawai Anda untuk alasan apa pun. Lebih baiknya lagi matikan saja atau atur dalam mode silent. Sebab, bermain gawai saat berusaha untuk tidur justru bisa membuat Anda terjaga, bukannya kembali tidur. (Jpnn/MS/RN/klikdokter)

Close