Berita UtamaPendidikan

Jumlah Universitas Terus Bertambah

Universitas
ILUSTRASI: Salah satu universitas di Kota Bekasi. Jumlah perguruan tinggi swasta di wilayah Bekasi dengan status universitas terus bertambah.Dok

Radarbekasi.id – Jumlah perguruan tinggi swasta di wilayah Bekasi dengan status universitas terus bertambah. Pada tahun ini, bakal ada dua universitas baru sehingga totalnya menjadi sebelas.

Ketua Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Bekasi Wawan Hermansyah menyampaikan, jumlah universitas di wilayah Bekasi terus berkembang. Saat ini terdapat sembilan universitas yang tersebar di Kota dan Kabupaten Bekasi.

Yakni, Universitas Islam 45, Universitas Tri Sakti, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Esa Unggul, Universitas Perbanas, dan Universitas Mitra Karya. Tiga lainnya, Universitas BSI, Universitas Mitra Karya, dan Universitas Bina Insani, baru terbentuk pada 2019.

”Ini menarik sekali ya, karena yang kita tahu dulu universitas yang ada di Bekasi hanya ada Unisma, tapi dengan perkembangan yang cukup baik jumlah universitas semakin berkembang,” ujar Iwan.

Pada tahun ini terdapat dua sekolah tinggi di wilayah Bekasi yang tengah proses menjadi universitas. Yakni STKIP Panca Sakti dan STIE Pertiwi. Perubahan status tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.

”Perguruan tinggi ini sedang melewati proses persyaratan yang mudahan-mudahan sebentar lagi akan menjadi universitas, sehingga kami harapkan beberapa perguruan tinggi yang ada saat ini bisa mengemban amanah yang lebih baik,” ungkapnya.

Dengan semakin bertambahnya universitas, ujar dia, lembaga semakin dapat lebih bersaing. Selain itu, tentunya menjadi kebanggaan karena semakin dapat banyak mencetak sumber daya manusia (SDM) yang bermutu.

Anggota DPRD Kota Bekasi Sardi Effendi menyampaikan, bertambahnya universitas diharapkan mampu meningkatkan SDM yang lebih baik dan bersaing. Selain terakreditasi, program studi pada universitas harus berkaitan dengan hard skill dan soft skill sehingga link and match, yaitu konsep keterkaitan antara lembaga pendidikan dengan dunia kerja dapat tercapai.

”Jangan sampai program studinya tidak memenuhi kebutuhan dunia kerja atau industri,” cetus Sardi.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyampaikan, pendidikan paling menunjang dalam indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Bekasi. Saat ini IPM Kota Bekasi 81,04. Angka itu diklaim belum ada di kabupaten/kota di Indonesia.

”Di Kota Bekasi memang masih kurang, satu saja belum ada Universitas Negeri. Kalau punya, IPM Kota Bekasi akan paling tertinggi di republik ini,” ujar Rahmat. (cr46/oke)

Data Universitas

  • Universitas Islam 45
  • Universitas Tri Sakti
  • Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Esa Unggul
  • Universitas Perbanas
  • Universitas Mitra Karya
  • Universitas BSI
  • Universitas Mitra Karya
  • Universitas Bina Insani

Close