Olahraga

Bekap Polandia, Indonesia Cetak Sejarah Besar

World Beach Games 2019

RadarBekasi.id – Tim voli pantai Indonesia berhasil meraih medali perunggu pada nomor 4×4 putra pada ajang World Beach Games 2019. Inilah satu-satunya medali yang didapatkan Indonesia pada kejuaraan dunia yang tergelar di Doha, Qatar tersebut. Artinya, Indonesia mencetak sejarah besar. Sebab inilah medali pertama yang berhasil direngkuh Indonesia pada ajang perdana World Beach Games tersebut.

Indonesia menempati podium ketiga setelah mengalahkan Polandia dalam tiga set yang berakhir dengan skor 21-13, 20-21, dan 15-11, di Katara Beach, Doha, Qatar.

Tim Indonesia yang diturunkan dalam kejuaraan tersebut terdiri atas Tio Kusuma Sentosa (NTB), Rendy Verdian Licardo (Jawa Timur), Yosi Ariel (Jawa Timur), Gunawan Dewantoro (DKI Jakarta), Yogi Hermawan (Jawa Tengah), dan Ketut Ardana (Bali).

”Alhamdulillah dapat perunggu. Ini perdana buat saya memperkuat tim Indonesia di event dunia,” kata Tio Kamis (17/10).

Ada delapan negara yang mengikuti nomor 4X4 putra. Mereka dibagi dalam dua grup. Indonesia berada di grup A bersama Qatar, Amerika Serikat, dan Jerman. Sementara grup B dihuni Australia, Chile, Mozambik, dan Polandia.

Pada pertandingan pembuka, Indonesia ditaklukkan tuan rumah Qatar, 2-1. Pada hari kedua, Indonesia bertanding dua kali. Merah Putih mengalahkan Jerman dengan skor 2-1. Kemudian pada laga terakhir melawan Amerika Serikat (AS), Indonesia takluk 0-2.

”Pemain Amerika yang turun itu atlet pro dunia. Dan sudah sering juara di FIVB dan turun di Olimpiade (Rio 2016, Red),” kata Tio.

Pada akhirnya, Indonesia menempati peringkat empat grup A dan harus berhadapan dengan juara grup B, Australia. Namun, kita lantas membuat kejutan besar dengan mengalahkan Australia dengan skor 2-1.

Pada semifinal, Indonesia harus berhadapan dengan AS lagi. Hasilnya, Indonesia kembali takluk 0-2. Tim Negeri Paman Sam akhirnya menjadi juara setelah mengalahkan tuan rumah Qatar di final.

Kekalahan di babak empat besar membuat Indonesia menantang Polandia. Untung saja, kita menang.

Menurut Tio, ajang 4×4 ini baru kembali dipertandingkan dalam bentuk multi event dunia. Sebelumnya, nomor ini pernah dihelat pada era 1990-an.

Spanyol menjadi juara umum World Beach Games 2019 dengan 7 emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Brasil menempati posisi kedua dengan 5 emas, 4 perak, dan 3 perunggu.

Dengan 1 perunggu, Indonesia memang hanya berada di peringkat ke-31. Namun, kita masih bisa berbangga karena menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang mendapatkan medali pada ajang prestisius ini.  Negara-negara tetangga seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, atau Filipina kompak pulang dengan tangan hampa. (puj/r8)

Tags
Close