Berita UtamaOlahraga

Percepat Pelatda Biliar

RadarBekasi.id – Menyusul ditetapkannya venue cabang olahraga biliar di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua, Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Jawa Barat segera menghelat pemusatan latihan daerah (Pelatda).

Manajer Tim Pelatda PON POBSI Jawa Barat, Zaiman Makmur Affan mengatakan, pasca pra-PON Agustus 2019, sejauh ini pelatda belum dihelat.

”Biliar sudah fixed masuk cabang yang dipertandingkan (PON), Jabar mulai mempersiapkan pelatda lanjutan pasca pra-PON. Targetnya, Oktober 2019 ini harus sudah dilaksanakan,” ujar Zaiman ketika dikonfirmasi Radar Bekasi, Jumat (18/10).

Zaiman menambahkan sudah ditetapkannya venue PON sejatinya memastikan langkah persiapan POBSI.

”Kemarin saya diundang di pelantikan PB POBSI di MNC. Venue sudah fixed di Jayapura. Lokasi pertandingan sendiri belum selesai. Diupayakan pas PON selesai. Lokasinya deket Stadion Besar,” bebernya.

Lanjut Zaiman, untuk lokasi Pelatda sendiri sudah disepakati Pengda yakni di Pitpool Click Square, Jalan Naripan, Kota Bandung.

”19 atlet Jawa Barat yang sudah meraih tiket PON sudah sepakat juga, pelatda dijalankan di lokasi yang sama seperti pelatda sebelumnya,” jelas Zaiman.

Pihaknya mengklaim, persiapan Pelatda sudah mencapai 80 persen. Hanya saja, dalam pelaksanaannya masih menunggu mandat resmi dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat.

“Segala sesuatunya telah siap, tinggal KONI Jabar mengarahkan ke kita saja. Target kita Oktober ini, tapi mungkin gak berubah. Dan jangan berubah,” imbuhnya.

Menurutnya, proses Pelatda yang akan dijalankan sudah berdasarkan program pencapaian. Jangan sampai, kata dia, proses Pelatda mengalami pengunduran dan berdampak pada program latihan atlet.

“Ketua KONI, Ahmad Saefudin sudah support sekali. Bahkan pihaknya akan mengupayakan untuk bisa melaksanakan Pelatda POBSI lebih awal,” imbuhnya.

Zaiman menambahkan atlet yang sudah lolos pra PON masih menjalankan latihan individu. Bahkan, hasil pendataan saat ini ada tiga atlet yang sedang menjalankan pemusatan latihan nasional (Pelatnas) SEA Games, Filipina 2019 seperti Mega, Nono dan Bendi.

”Sisanya lagi, dari 19 yang masuk PON  yakni 16, saat ini sedang dipersiapkan untuk pelatda saja dan belum dipanggil untuk dipusatkan,” tukasnya. (dan)

Tags
Close