KesehatanLife Style

Makan Siang Tidak Sehat Bisa Picu Penyakit Ini

Radarbekasi.id – Banyak orang mengatakan mereka kesulitan menyiapkan makan siang yang sehat selama hari kerja. Para ahli mengatakan membuat pilihan makan siang yang tidak sehat secara terus-menerus bisa menyebabkan risiko kesehatan yang lebih besar dari waktu ke waktu, seperti obesitas dan tekanan darah tinggi.

Makan siang sehat harus mencakup setidaknya tiga kelompok makanan. Menambahkan berbagai makanan berwarna berbeda (dari biji-bijian ke buah-buahan dan sayuran) adalah aturan praktis yang baik untuk menentukan apakah makan siang Anda mencakup berbagai nutrisi.

Jika Anda ingin mulai makan lebih baik di tempat kerja, tetapi tidak yakin bagaimana menjadikan makan siang sebagai makanan sehat di siang hari, Anda tidak sendirian.

Penelitian baru dari American Heart Association (AHA) dan penyedia layanan makanan Aramark menunjukkan bahwa lebih dari separuh pekerja Amerika berjuang untuk mengonsumsi makan siang yang sehat di kantor – makanan yang terbukti secara signifikan mempengaruhi apakah mereka membuat keputusan yang sehat selama hari itu atau tidak.

Anne Thorndike, wakil ketua komite nutrisi AHA dan profesor rekanan di Harvard Medical School, mengatakan bahwa banyak faktor berkontribusi terhadap kualitas yang tidak sehat dari pilihan makan siang pekerja Amerika. “Tidak semua tempat kerja sama atau memiliki penawaran yang sama,” kata Thorndike, seperti dilansir laman Health, Senin (21/10).

Beberapa orang memilih untuk membawa makan siang dari rumah, di mana mereka memiliki kendali lebih besar atas apa yang mereka makan. Selama hari kerja, banyak karyawan sibuk yang kadang-kadang kita memiliki kecenderungan untuk dengan cepat melanjutkan hari-hari mereka dengan menyiapkan sesuatu dengan cepat atau mengambil apa pun yang segera tersedia di kafetaria. “Pendekatan yang tersebar untuk pemilihan makanan ini tidak selalu mengarah pada pilihan yang paling sehat,” Dr. Thorndike menekankan.

Makanan cepat saji bisa menjadi pilihan mudah bagi banyak orang, tetapi seringkali jauh dari sehat.Banyak orang mungkin hanya mengambil donat, muffin, atau sepotong pizza dengan mudah di dekat meja mereka. Perencanaan sebelumnya sangat penting. Jika Anda tidak bisa membawa makanan sendiri ke tempat kerja, rencanakan kapan Anda akan makan atau di tempat Anda mendapatkannya adalah penting.

Thorndike, yang secara terpisah menerbitkan penelitian tentang hubungan antara apa yang orang beli untuk makan siang di tempat kerja dan risiko kardiometabolik, mengatakan bahwa pilihan makanan tidak sehat yang Anda buat saat makan siang bisa meningkat seiring waktu.

Jika Anda membeli makan siang di tempat kerja lima hari seminggu itu tentunya bukan pilihan yang sehat. Hal ini bisa berkontribusi pada obesitas dan faktor risiko terkait obesitas seperti hipertensi, diabetes, dan hiperlipidemia. Pada dasarnya, jangan meremehkan sesuatu yang sederhana seperti memilih antara salad atau burger di ruang makan siang bisa memiliki dampak multi-segi pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Alyssa Pike, RD, manajer komunikasi nutrisi di Yayasan International Food Information Council (IFIC), mengatakan bahwa penting untuk menguraikan apa artinya makan menjadi “sehat.” Orang sering memiliki pandangan yang sangat sempit tentang apa yang dianggap sehat, dimana mereka pikir salad dan sayuran adalah satu-satunya pilihan ‘sehat’ – yang membuat mereka kecewa ketika pilihan kehidupan nyata mereka tidak sesuai dengan harapan itu. (fny/jpnn)

Close