Cikarang

Penyerapan Tenaga Kerja Tak Sampai Satu Persen

RadarBekasi.id – Penyerapan tenaga kerja yang diupayakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bekasi dengan menyosialisasikan Peraturan Bupati Bekasi Nomor 09 Tahun 2019 tentang Perluasan Kesempatan Kerja masih belum mencapai satu persen.

Kepala Disnaker Kabupaten Bekasi, Edi Rochyadi, mengatakan, serapan tenaga kerja baru mencapai ratusan orang dari angka pengangguran yang mencapai 172.412 jiwa.

”Kalau perusahaan yang datang memang sudah ada, namun hingga saat ini penerimaan tenaga kerja jumlahnya masih mencapai ratusan. Untuk angka pastinya kami belum mendata,” katanya saat dihubungi Radar Bekasi, Selasa (22/10).

Dia mengakui, untuk menekan angka pengangguran masih menjadi pekerjaan rumah pihaknya. Dia mengklaim, saat ini pihaknya tengah melakukan sosialisasi Perbup ke beberapa kawasan industri di Kabupaten Bekasi.

Karena, kata dia, Perbup tersebut membuat jumlah perusahaan yang meminta daftar lamaran serta melakukan kerja sama dalam penerimaan kesempatan kerja bagi masyarakat meningkat. Walaupun, tidak berbanding lurus dengan jumlah pencari kerja yang diterima untuk bergabung di perusahaan.

”Saat ini kami sedang action (pelaksanaan) dari sosialisasi perbup,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja pada Disnaker Kabupaten Bekasi, Douglas Manurung, menuturkan, selama dua minggu belakangan ada sekitar 10 perusahaan yang mengajak kerja sama. Baik dalam seleksi penerimaan tenaga kerja serta meminta lamaran kerja yang terdata melalui pengajuan kartu kuning.

Sepuluh perusahaan tersebut membuka peluang kesempatan kerja bervariasi. Mulai dari 15 tenaga kerja, 30, hingga 100.

Namun demikian, pihaknya juga tidak dapat melakukan intervensi penerimaan. Sebab setiap perusahaan mempunyai standar kualitas keahlian tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan.

”Memang untuk penerimaan menjadi penilaian perusahaan, namun dari pendataan kami secara global sejak sosialisasi perbup sudah ratusan tenaga kerja yang diterima beberapa perusahaan. Tapi untuk spesifikasinya saya harus lihat data,” jelasnya.(and)

Close