Berita UtamaCikarangTransportasi

Harapkan LRT sampai Cikarang

RadarBekasi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengharapkan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dapat menyambungkan layanan transportasi Light Rail Transit (LRT) hingga Cikarang. Sebab, moda transportasi massal ini digadang-gadang dapat mempersingkat jarak tempuh dari Cikarang ke Jakarta. Sehingga warga tak perlu lagi mengendarai kendaraan pribadi menuju ke Jakarta.

”Kami sudah berkirim surat (soal permohonan LRT sampai Cikarang) kepada BPTJ, namun hingga saat ini belum ada surat balasan,” kata Plt Kepala Bidang Fisik dan Infrastruktur pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, E. Y. Taufik, Rabu (23/10).

Dia menjelaskan, usulan tersebut disampaikan lantaran dirinya mendapatkan informasi bahwa operasional LRT tidak diteruskan sampai Cikarang karena terkendala pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek. Hal itu diketahuinya setelah mengikuti rapat bersama BPTJ dan Kementerian Perhubungan.

Dia menyatakan, jika surat permohonan yang dikirim pihaknya mendapatkan balasan dari BPTJ, maka pihaknya bakal mengarahkan akses LRT melintasi Jalur Inspeksi Kalimalang. Baik dari sisi selatan maupun utara.

Taufik menjelaskan, jalur kalimalang merupakan tanah negara yang dapat digunakan untuk kepentingan umum. Sebab BPTJ merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

”Memang untuk dari aspek anggaran kita tidak bisa membantu, karena BPTJ kan merupakan BUMN. Dan untuk menghemat biaya nantinya akan kita arahkan melintas di Jalan Kalimalang, sehingga tak perlu lagi biaya untuk pembebasan lahan,” jelasnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi, Selamet Supriyadi, menambahkan, keberadaan moda transportasi LRT yang melintas hingga Cikarang akan sangat membantu mobilitas masyarakat. Sebab laju pertambahan penduduk yang mencapai 3,8 persen menjadi persoalan tersendiri bagi Pemkab Bekasi.

”Pertambahan penduduk bisa menjadi potensi dengan bonus demografi tetapi juga menjadi beban pemerintah daerah, Jawa Barat serta pemerintah pusat. Harus menjadi perhatian bersama,” jelasnya.

Menurutnya, pesatnya pertambahan penduduk membuat pemerintah daerah harus menyediakan moda transportasi yang lebih variatif dan pelebaran jalan untuk mengatasi kemacetan dan sebagainya. ”Jadi kami harap moda transportasi LRT dapat beroperasi hingga Cikarang,” katanya.(and)

Close