Berita UtamaCikarangKesehatan

Pengurus IDI Kota Bekasi Dilantik

RadarBekasi.id – Kamaruddin Askar kembali dipercaya memimpin Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bekasi periode 2019-2022. Sementara untuk Ketua Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI), dipercayakan kepada Indryd A. Hindar Jaya periode 2018-2021. Kepengurusan resmi dilantik di salah satu hotel Kota Bekasi, Sabtu (26/10).

Proses pelantikan juga dihadiri Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto. Dalam kesempatan tersebut Tri meminta selain tugas fungsi dan profesionalisme, dokter harus menjunjung tinggi kode etik.

 ”Saya harap dokter menjunjung tinggi kode etiknya, itu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari pada saat mereka bertugas,” singkatnya.

Sementara, Ketua IDI Kota Bekasi, Kamarudin Askar menghimbau kepada seluruh anggotanya untuk bekerja menggunakan hati nurani.

”Kerja sesuai tugas pokok dan fungsi jangan melebihi. Dan yang kedua jangan menilai seseorang siapa yang tanggung atau asuransi mau BPJS atau non BPJS tapi lihat manusianya,” ucapnya.

Dikepengurusan kedepan, konsen mereka tetap bermuara kepada profesionalisme anggota, sehingga tak ada dokter tersandung masalah hukum.

”Bagaimana kita menghindari jangan sampai anggota terjerat hukum, kalaupun ada itu diluar jangkauan kita dan sudah disiapkan (kuasa hukum) dalam rangka pembelaan. Kalau betul-betul dia melanggar diluar etika dan kompetensinya tidak memenuhi syarat itu tidak akan dibela,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya menegaskan, dokter bekerja sesuai kompetensi, sehingga tidak terjadi mal praktik dan persoalan dilapangan. ”Contoh dokter umum ya nanganin umum, spesialis ya spesialis, harus sesuai dengan kompetensinya,” ujarnya.

Dilokasi yang sama, Ketua IIDI Kota Bekasi, Indryd A. Hindar Jaya mengatakan, keberadaan IIDI cabang Bekasi saat ini memang belum terdengar gaungnya seperti keberadaan IDI sebagai organisasi profesi para dokter.

Dia menceritakan, perjalanan terbentuknya IIDI cabang Kota Bekasi telah dimulai sejak tahun 2009. Organisasi IIDI adalah organisasi sosial berfokus pada peningkatan kualitas kesejahteraan keluarga sosial kepada masyarakat.

”Setelah melakukan pemilihan ketua IDI bulan Januari 2019, IIDI Kota Bekasi mendapatkan Surat Keputusan dari Pengurus Besar Ikatan Istri Dokter Indonesia,” jelasnya.

Surat bernomor 99/PB-SKEP/V/2019 tanggal 7 Mei 2019 berisi tentang Susunan Personalia Pengurus Ikatan Istri Dokter Cabang Kota Bekasi masa bakti 2018-2021. ”Dengan ketua terpilih saya dan Sekertaris Ibu Aini Nur Sugeng,” tambanya.

Bersamaan dengan diselenggarakannya pelantikan pengurus IDI Kota Bekasi, pihak IIDI Kota Bekasi melakukan komunikasi agar penyelenggaraan pengesahan pengurus dapat dilaksanakan bersamaan.

”Ini didasari bahwa IDI selaku pelindung untuk organisasi IIDI, mewujudkan adanya ikatan mitra yang tak terlepas satu sama lain walau berbeda visi dan misi (organisasi IDI merupakan organisasi profesi yang berstatus dokter),” ungkapnya.(pay/pms)

Close