Olahraga

Antisipasi Kepindahan Atlet

Pelti
JUARA: Atlet Pelti, Kabupaten Bekasi, Audric (pertama kiri) berhasil jadi Finalis pada Kejurnas kelompok umur di Jakarta, Oktober 2019. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Pengurus Cabang (Pengcab) kerap kesulitan mempertahankan atlet potensial mereka jelang kejuaraan membawa nama daerah. Pasalnya, atlet potensial kerap mendapatkan tawaran menggiurkan dari daerah lain.

Kondisi itu juga mulai diantisipasi Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (Pelti) Kabupaten Bekasi. Persoalan tersebut kerap mereka antisipasi menjelang event daerah, terutama Pekan Olahraga Daerah (Porda).

Hasil kajian mereka, pindahnya atlet disebabkan berbagai faktor. Salah satunya, yakni perhatian dari pemerintah daerah (Pemda) yang minim.

”Perhatian yang terpenting. Atlet Kabupaten Bekasi, hampir di semua cabor memililiki atlet potensial. Berat untuk dijaga, apalagi bila tidak ada perhatian dari pemerintah,” ujar Ketua Harian Pelti Kabupaten Bekasi, Urip Suharto kepada Radar Bekasi, Senin (4/11).

Komunikasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) daerah sebagai induk mereka dilakukan kaitan persoalan pembinaan.

”Posisi KONI hanya sebagai motivasi. Bila mana ada bantuan pembinaan, itu bisa di alokasikan sebagai modal tryout,” katanya.

Dia menjelaskan, Oktober 2019 lalu, atletnya berhasil masuk sebagai finalis pada kejuaraan nasional (Kejurnas) kelompok umut, di Jakarta. Mereka juga tengah mempersiapkan lima event di bulan Desember dan melibatkan atlet terbaik hasil pembinaan.

”Yang pasti, tiap cabor punya atlet dan pembinaan. Setiap atlet punya prestasi. Setiap ada bantuan dari KONI, kita tidak lihat besar kecilnya, dengan raihan prestasi, kita bisa bicara dalam pengelolaan anggaran pembinaan,” jelasnya.

Sejauh ini, perhatian coba diberikan kepada atlet, menjaga mereka tidak hijrah ke daerah lain. Berkaca pada Porda 2018 lalu, pihaknya mengklaim tuan rumah Kabupaten Bogor banyak diperkuat atlet asal Kabupaten Bekasi.

”Pada saat Porda 2018 misalnya, tuan rumah memiliki banyak atlet luar daerah. Posisinya ada banyak atlet dari Kabupaten Bekasi,” tukasnya. (dan)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close