Pendidikan

IGI Tingkatkan Kualitas Pendidikan

IGI
PELATIHAN: Sejumlah guru yang tergabung dalam IGI Kota Bekasi saat mengikuti pelatihan.Istimewa

Radarbekasi.id – Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Bekasi terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air melalui pelatihan yang diberikan kepada guru.

Ketua IGI Kota Bekasi Hasim menjelaskan, IGI merupakan organisasi yang bersifat mandiri, tak mengandalkan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Dengan demikian, setiap kegiatan yang dilakukan tanpa anggaran pemerintah.

Menurutnya, keberadaan IGI untuk mendorong kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. “Kami akan mulai memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan kualitas guru dan itu semuanya kami jalankan secara mandiri,” ujar Hasim kepada Radar Bekasi, Jumat (10/11).

Menurutnya, IGI telah memiliki 70 kanal pelatihan yang dapat diakses melalui website IGI secara gratis. Di kanal pelatihan itu, terdapat sistem pembelajaran digital yang bisa diterapkan oleh guru kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

”Anggota IGI dapat belajar melalui kanal-kanal yang sudah kami buat,” ucap Hasim

Dengan adanya kanal-kanal pelatihan, diyakini bahwa kualitas guru akan lebih baik. Selain itu, tentunya guru akan sadar untuk meningkatkan kualitas mengajarnya.

Pasalnya, saat ini guru harus melek dengan perubahan ilmu teknologi dari sistem pembelajaran abad 21 berubah menjadi 4.0. Peningkatan kualitas guru tidak hanya melalui kanal-kanal pelatihan, tetapi juga pendidikan dan pelatihan (Diklat).

”Selain kanal-kanal yang kami buat untuk sistem pelatihan melalui website IGI juga kerap kali membuat sistem pembelajaran melalui diklat ataupun workshop yang lagi-lagi semua itu dijalankan secara mandiri oleh setiap guru yang mengikuti,” kata Hasim.

Ia menyampaikan, untuk bergabung menjadi anggota IGI cukup mudah. Yakni dengan membuka website resmi IGI, kemudian mengisi data diri dan mengupload foto.

Selanjutnya, membayar iuran Rp50 ribu dan akan mendapatkan kartu keanggotaan IGI yang tercetak secara otomatis.

Hasim mengungkapkan, kedepannya organisasi profesi guru yang tergabung dalam IGI bisa sama-sama mencerdaskan dan memanusiakan peserta didik di Indonesia.

”Indonesia bisa maju dengan guru dan peserta didik yang sama-sama memiliki kualitas yang baik dan memiliki kemauan dan tekad yang keras,” pungkasnya. (dew)

Tags
Close