Politik

Mustakim Pimpin Panlih Cawabup

Radarbekasi.id, BEKASI – Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Bekasi, Mustakim, menjadi ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Calon Wakil Bupati (Cawabup). Pria yang pernah menjadi ketua tim sukses Saduddin-Ahmad Dani pada Pilkada 2017 ini ditetapkan sebagai Ketua Panlih dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Jumat (8/11).

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Aria Dwi Nugraha, menjelaskan, ketua panlih ditentukan berdasarkan hasil voting dalam rapat pimpinan yang dihelat bersama semua fraksi.

Mekanisme penentuan komposisi panlih ini tentu berbeda dengan pernyataan yang sebelumnya disampaikan Aria. Bahwa, yang menjadi ketua panlih adalah partai pemenang pemilu.

”Memang harapan sebetulnya kemarin itu partai pemenang langsung jadi ketua panlih. Tapi saat rapat musyawarah dan dilakukan voting disepakati atas nama Mustakim menjadi ketua panlih,” ujarnya kepada Radar Bekasi.

Dia menjelaskan, proses pembentukan panlih dilakukan berdasarkan surat dari gubernur Jawa Barat dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) serta surat dari semua fraksi.

”Yang jelas bahwa kami sudah menjalankan mekanisme itu, sampai dengan melakukan musyawarah menentukan siapa ketua panlihnya, sampai akhirnya merucut nama Mustakim,” jelasnya.

Menanggapi keputusan tersebut, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, menyambut baik hasil pembentukan panlih tersebut. ”Itu kewenangannya ada di DPRD. Iya sudah enggak apa-apa,” ucapnya usai mengikuti paripurna pembentukan palih.

Eka yang juga Ketua DPD Golkar Kabupaten Bekasi mengatakan, dia akan segera menyampaikan seluruh rekomendasi dari partai pengusung ke panlih apabila seluruh partai telah menyerahkan rekomendasi. Pasalnya, dia belum mendapatiakn dua nama yang sama dari empat partai pengusung.

”Saya sudah sampaikan ke DPRD dan Gubernur, termasuk Kemendagri, melalui surat, bahwa belum ada dua nama yang sama sampai hari ini,” ungkapnya.

Saat disinggung mengenai rekom dari Golkar sendiri ada tiga nama, dirinya menyerahkan itu semua ke DPP Golkar. Dirinya juga menegaskan, tidak perlu ada pendaftaran ulang untuk memilih siapa yang akan menjadi wakil bupati Bekasi

”Itu kewenangannya ada di DPP. Tidak usah pendaftaran ulang. Karena mekanisme itu sudah ada di internal partai,” ucapnya. (pra)

Komposisi Panitia Pemilihan Cawabup Bekasi

  • Ketua
    Mustakim (Fraksi Demokrat)
  • Wakil Ketua
    Danto (Fraksi Gerindra)
    Imam hambali (Fraksi PKS)
    Kardin (Fraksi Golkar)
  • Anggota
    Helmi (Fraksi Gerindra)
    Uryan fraksi (Fraksi PKS)
    Martina Ningsih (Fraksi PDIP)
    Nyumarno (Fraksi PDIP)
    Sunandar (Fraksi Golkar)
    Edi junaidi (Fraksi Demokrat)
    Cecep Noor (Fraksi Madani)
    Hendra Cipta Dinata (Fraksi Madani)
    Suryo pranoto (Fraksi PAN-PBB)

Tags
Close