BekasiBerita UtamaMetropolis

Cegah Erosi, Margamulya Tanam 100 Pohon

Tanam-Pohon
MENANAM POHON : Lurah Margamulya beserta RT, RW dan warga sekitar menanam pohon di bantaran Kali Bekasi. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Bantaran Kali Bekasi yang melintas di Kelurahan Margamulya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi ditanami 100 pohon. Hal itu dilakukan untuk mencegah pengikisan tanah atau erosi.

Lurah Margamulya, Yudistira mengatakan, pohon tersebut diharapkan dapat menjadi pondasi penahan air di sepanjang aliran kali Bekasi.

“Ada 100 pohon yang ditanam. Seperti pohon mahoni, kecapi, kelengkeng, salam dan lainnya,” katanya saat dihubungi Radar Bekasi, Senin (11/11).

Sebagai kepanjangan tangan Pemkot Beaksi dalam hal pelayanan, pria yang akrab disapa Yudis ini menyatakan, sudah menjadi tanggung jawabnya untuk melayani warga dengan aksi-aksi serupa. “Ya yang pasti penanaman pohon ini kita harapkan terlebih bisa mengantisipasi kiriman air dari Bogor,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kata dia, pohon yang ditanam juga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Dan menjadi resapan dari erosi saat terjadi luapan air. “Minimal ke depannya bisa menahan terkikisnya tanah dari air kali Bekasi.

Alhamdulillah kita sudah tanam. Semoga menjadi berkah kedepannya,” imbuhnya.
Solusi jangka panjang, lanjut Yudis, yakni pembuatan pondasi atau tanggul di bantaran kali. Hal tersebut menurutnya merupakan tanggung jawab dari Pemprov Jawa Barat.

“Saya harap untuk pembangunan pondasi atau turap air itu nanti akan ditangani oleh pihak Provinsi Jabar,” ungkapnya. (pay)

Tags
Close