Metropolis

Program Awal Terapkan Hukum Positif

SMAN 7 Kota Bekasi
FOTO BERSAMA: Guru dan siswa SMAN 7 Kota Bekasi foto bersama usai deklarasi sekolah ramah anak, Senin (11/11).Istimewa

Radarbekasi.id – SMAN 7 Kota Bekasi mendeklarasikan sekolah ramah anak. Deklarasi ditandai dengan penandatanganan oleh kepala sekolah, guru, siswa, komite sekolah, serta tokoh masyarakat, Senin (11/11).

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMAN 7 Kota Bekasi Suherman mengatakan, program sekolah ramah anak akan dimulai dari penerapan hukum positif. Salah satunya tidak melakukan aksi kekerasan fisik dan non fisik kepada siswa.

”Langkah-langkah yang akan dimulai sangat banyak sekali, tapi kita akan memulai dari program awal yaitu menerapkan hukum positif bagi anak,” ujar Suherman kepada Radar Bekasi.

Menurutnya, setelah deklarasi ini siswa akan diajak untuk memahami kesalahannya sendiri. Dengan demikian, mereka dapat sadar dengan kesalahan yang dilakukan.

”Dengan adanya deklarasi sekolah ramah anak ini kami tidak ingin lagi ada unsur hukum kekerasan dilingkungan sekolah, kami akan lebih mengarahkan siswa kepada diskusi sehingga kami tahu apa masalah yang menyebabkan siswa tersebut membuat suatu kesalahan,” katanya.

Ia berharap, program ini dapat merubah karakter siswa menjadi lebih baik.

Salah satu siswa SMAN 7 Kota Bekasi Misbahul Anwar mengatakan, adanya deklarasi sekolah ramah anak ini, pihak guru serta siswa bisa sama-sama menjalankan program dan ketentuan yang sudah sama-sama ditandatangani. Selain dapat menjadi lebih baik, dia berharap dapat mengikuti kegiatan sekolah dengan baik dan benar.

”Adanya deklarasi ini kita bisa mengambil nilai-nilai positif dari setiap programnya,” ujar Misbahul. (dew)

Tags
Close