Pendidikan

Program Penghijauan Sekolah Tahfidz DTI

Ajak Siswa Gemar Menanam dan Merawat Pohon

Penghijauan
SIRAM TANAMAN: Kepala Sekolah Tahfidz DTI Kota Bekasi Ahmad Mahwan bersama siswanya menyiram tanaman.Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – Sekolah Tahfidz Daarut Tarbiyah Indonesia (DTI) Kota Bekasi pada bulan ini mulai menerapkan program penghijauan di lingkungan sekolah. Program ini merupakan salah satu cara sekolah agar siswa memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Lahan kosong seluas 20 meter x 10 meter di Sekolah Tahfidz DTI dimanfaatkan untuk menanam berbagai tanaman hias, sayuran, serta buah seperti mangga dan rambutan. Pohon-pohon itu dibeli dari pihak sekolah.

Dalam perawatannya, program penghijauan ini tidak hanya melibatkan para siswa. ”Bukan hanya siswa, saya sebagai kepala sekolah serta guru akan terjun langsung dalam pengembangan program penghijauan ini, karena saya sendiri sebagai salah satu penanggungjawabnya,” ujar Kepala Sekolah Tahfidz DTI Kota Bekasi Ahmad Mahwan kepada Radar Bekasi, Senin (11/11).

Menurut Ahmad, program penghijauan ini penting untuk diterapkan di lingkungan sekolahnya. Pasalnya, kegemaran siswa untuk menanam serta merawat tanaman masih rendah.

”Saat ini minim sekali siswa yang gemar untuk menanam, dari program ini kami inginkan seluruh siswa Sekolah Tahfidz DTI bisa gemar untuk menanam dan merawat pohon dan saya inginkan kedepannya sekolah ini bisa dipenuhi dengan beragam macam pohon dan tanaman agar terlihat sejuk serta dapat dinikmati,” tuturnya.

Ia mengaku, jumlah tanaman yang ditanam masih kurang karena keterbatasan anggaran. Oleh karena itu, pihaknya sangat menyambut baik apabila ada warga sekitar sekolah yang ingin menyumbangkan tanaman.

”Kita masih ada kendala di biaya pembelian sejumlah tanaman, jadi jika ada warga yang ingin menyumbangkan tanamannya agar bisa kami rawat, kami akan sangat terbuka lebar sekali karena satu tanaman sangat berarti untuk kami jaga,” katanya.

Melalui program penghijauan ini, Sekolah Tahfidz DTI ingin memberikan contoh kepada masyarakat sekitar untuk dapat gemar menanam tanaman. Pasalnya dari program tersebut, akan banyak manfaat yang didapatkan.

”Kalo sekolah hijau kan enak dilihatnya, masyarakat di lingkungan sekolah juga dapat merasakan rindangnya pepohonan nanti,” pungkasnya. (dew)

Tags
Close