BekasiBerita UtamaMetropolisPemkot

Maksimalkan Pembinaan Program KB

DPPKB Target Bentuk Kampung KB Percontohan

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bekasi, mencatat dari 523.000 kepala keluarga (KK) ada 423.630 atau 81 persen ibu rumah tangga (IRT) Kota Bekasi mengikuti program KB.

Sekretaris DPPKB Kota Bekasi, Enung Nurholis menjelaskan, 81 persen IRT tersebut mengikuti program aktif KB.

”Yang paling banyak adalah suntik dan pil KB untuk diminum, itu kita lakukan dalam kurun waktu bertahun-tahun hingga sekarang ini terus kita lakukan pembinaan dan penyuluhan kepada warga agar ikut KB,” kata Enung, ketika ditemui di ruang kerjanya di Plaza Pemerintahan Kota Bekasi, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu (13/11).

Tidak hanya meyiapkan sarana program KB, pihaknya, kata dia, terus memberikan pembinaan terhadap Keluarga Berencana (KB) kepada warga masyarakat Kota Bekasi.

 Salah satunya membentuk Kampung KB di 12 Kecamatan. Sejauh ini sudah ada 17 Kampung KB di 12 Kecamatan, Kota Bekasi.

Pembinaan terkait pentingnya mengikuti prgram KB dilakukan petugas, salah satunya kepada para Bina Keluarga Lansia (BKL), Bina Keluarga Remaja (BKR) di 56 Kelurahan di 12 Kecamatan Kota Bekasi. Disamping itu juga diberikan pemahaman pola hidup sehat di setiap keluarga.

”Kampung KB di buat di salah satu lingkungan yang memang butuh perhatian khusus dari pemerintah agar tidak tertinggal dari lingkungan yang lainnya. Sehingga dibuatlah kampung KB. Di kampung KB seluruh Dinas terlibat agar Kampung KB benar-benar di katakan layak,” ujarnya.

Kedepan pihaknya juga berencana membuat Kampung KB percontohan. Sehingga program KB benar-benar dirasakan manfaatnya disetiap keluarga.

”Ya karena KB itu dapat mengatur ritme kelahiran dan juga menghindari pernikahan dini. Wanita 22 tahun laki-laki 25 tahun. Itu akan tetap kita jaga dan kita bina,” ungkapnya. (adv/pay)

Close