BekasiMetropolis

Warga Bintara Pasang Jaring Besi

Jaring
ANGKAT SAMPAH: Sejumlah petugas sedang mengangkat sampah di Jaring Besi yang ada di Saluran Kali Bong, Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Rabu (13/11). IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Warga Kelurahan Bintara memasang jaring besi di Sodetan Aliran Kali Bong di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Bintara. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah di kali tersebut.

Pembuatan jaring dilakukan atas inisiatif dari warga sekitar dengan menggunakan dana swadaya. Setelah itu mereka berkordinasi dengan Forum RW, Kelurahan Bintara, petugas gabungan Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (DBMSDA) serta Tim Pematusan dan Pemeliharaan Bangunan Saluran Air untuk membersihkan gorong-gorong.

Lurah Bintara, Endang Supratman, mengatakan, pembuatan Jaring Besi itu untuk mencegah tumpukan sampah di kali yang terbawa air dari hulu. Sehingga, warga yang berada di hilir tak lagi khawatir terhadap sampah.
”Saya sangat apresiasi kepada warga yang mau membuat Jaring Besi, karena itu dibuat bertujuan untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan sekarang ini,” katanya, Rabu (13/11).

Lanjut dia, saat ini pihaknya sedang melakukan pengangkutan lumpur dan sampah di saluran air penghubung di Jalan I Gusti Ngurah Rai. Kegiatan pengangkutan lumpur di saluran sepanjang 1,2 kilometer tersebut dilaksanakan hingga sepekan. ”Pengangkutan dilakukan secara manual tanpa menggunakan alat berat,” ujarnya.

Endang menyampaikan, Jaring Besi rencananya akan dipasang di lima titik di kelurahan tersebut. ”Harus ada tatakelola berbasis masyarakat yang menempati bantaran kali. Harus ada gerakan bersama peduli lingkungan yang disadarkan secara mandiri kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ia mengimbau kepada warga agar turut menjaga kebersihan untuk tidak membuang sampah ke kali atau ke saluran air. ”Mari bersama sama secara berkala membersihkan saluran agar aliran air lancar saat hujan turun,” ujarnya. (pay)

Tags
Close