Berita UtamaPendidikan

Inspirasi Siswa Tentukan Perguruan Tinggi

SMAN 8
CARI INFORMASI: Sejumlah siswa SMAN 8 Kota Bekasi mencari informasi tentang program studi ke salah satu perguruan tinggi dalam acara Edufair Kampus.Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – SMAN 8 Kota Bekasi menghelat Edufair Campus, Kamis (21/11). Acara tersebut memberikan informasi perguruan tinggi, sehingga ketika siswa lulus sudah menentukan kampus pilihannya.

Sebanyak 25 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta membuka stand dalam Edufair Campus kedua ini. Antara lain, Universitas Bina Nusantara, London School of Public Relations (LSPR) dan Institut Tehnologi Sains Bandung.

Jumlah kali ini lebih banyak dari pelaksanaan Edufair Campus sebelumnya hanya 10 perguruan tinggi. Setiap perguruan tinggi memberikan informasi tentang kampus, mulai dari waktu pendaftaran kuliah, biaya, hingga program studi yang ada. Siswa nampak antusias mengunjungi stand dengan bertanya-tanya kepada perwakilan perguruan tinggi.

Koordinator Bimbingan Konseling sekaligus Panitia Edufair Campus SMAN 8 Kota Bekasi Endang Hayuningsih mengatakan, adanya acara ini dapat menginspirasi siswa dalam menentukan sendiri pilihan perguruan tinggi yang sesuai dengan keahlian dan kemampuannya. Menurutnya, acara ini sangat bermanfaat karena 90 persen siswanya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

”Kegiatan ini sangat bermanfaat karena kita sendiri merupakan SMA yang sebagian besar siswanya melanjutkan ke perguruan tinggi. Dengan adanya ini, informasi mengenai perguruan tinggi dapat diterima oleh siswa secara langsung. Karena biasanya informasi itu melalui saya,” ujar Endang kepada Radar Bekasi.

Dikatakannya, banyaknya perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam acara ini tak terlepas dari persiapan jauh-jauh hari yang dilakukan oleh pihak sekolah.

”Dulu karena programnya baru berjalan, jadi kurang cukup persiapannya. Namun di tahun kedua ini kami sudah menyiapkannya dengan baik dan alhamdulillah cukup banyak Universitas yang hadir di kegiatan Edufair Campus,” ujarnya.

Salah satu siswa, Justine Kamila Yasahardja mengaku terbantu dengan adanya Edufair Campus di sekolahnya. Ia kini dapat mengetahui perguruan tinggi yang memiliki program studi sesuai dengan kemampuan dan keahliannya.

”Sangat membantu banget, jadi kita tuh nggak perlu bingung dan capek-capek lagi pergi ke satu kampus dan kampus yang lainnya karena disini beberapa perguruan tinggi yang hadir sudah cukup mewakili rasa keingin tahuan kami,” ungkap siswa kelas 12 IPA ini. (dew)

Tags
Close