Pendidikan

Siswa SMKN 8 Ikuti Pelatihan Saka Wira Kartika

SMKN-8
PELATIHAN: Siswa SMKN 8 Kota Bekasi saat mengikuti pelatihan Saka Wira Kartika oleh Koramil 05/Bantargebang di halaman sekolah mereka, Kamis (28/11).Dewi Wardah

Radarbekasi.id – Siswa SMKN 8 Kota Bekasi mengikuti pelatihan Satuan Karya Pramuka (Saka) Wira Kartika oleh Koramil 05/Bantargebang di halaman sekolah mereka, Kamis (28/11).

Dalam kegiatan bertajuk ”Memberdayakan Wilayah Pertahanan Melalui Kegiatan Terpadu Memantapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang Tangguh” ini, para siswa mendapatkan pendidikan Krida Navigasi Darat (Navrat), Krida Pionering, Krida Mountaineering, Krida Survival, dan Krida Penanggulangan Bencana Alam.

Kepala SMKN 8 Kota Bekasi Eden Hedi mengatakan, kegiatan ini diikuti 110 siswa kelas 10 dan 11 yang tergabung dalam ekstrakurikuler pramuka. Eden mengapresiasi kegiatan ini karena dapat melatih dasar kepemimpinan anak didiknya.

”Kegiatan ini penting dilaksanakan dan diikuti oleh pelajar. Selain untuk melatih kepemimpinan, juga mental siswa dalam pembinaan ini,” ujar Eden kepada Radar Bekasi.

Menurut Eden, para siswa tak hanya mendapatkan pendidikan krida, tetapi juga akan mengikuti kemah yang akan berlangsung pada 30 November 2019.

”Kegiatannya bukan hanya pembinaan dan pelatihan saja, tapi ada kemah bersama juga yang akan berlangsung selama 3 hari,” tukasnya.

Danramil 05/Bantargebang Kapten Inf Pardi menjelaskan, kegiatan ini merupakan program nasional TNI AD dalam rangka meningkatkan program kepramukaan di tingkat pelajar SMA/SMK. Hingga saat ini sudah ada tiga sekolah yang siswanya mengikuti pelatihan Saka Wira Kartika, salah satunya SMKN 8 Kota Bekasi.

”Kegiatan ini memang dikhususkan untuk tingkat pelajar, tapi saat ini hanya untuk tingkat SMA dan SMK saja. Lebih lanjutnya kita juga akan menerapkan untuk tingkat SMP,” kata Kapten Inf Pardi.

Menurutnya, program ini sebagai salah satu untuk menyiapkan dan mencetak generasi penerus bangsa agar menjadi seorang pemimpin dikemudian hari. Dalam kegiatan ini, siswa dilatih kemandirian serta diberikan materi-materi kepramukaan. Selain itu, dilatih mental kejiwaan, pemberani serta memiliki jiwa ksatria agar tidak menjadi pelajar yang cengeng.

”Kita harapkan banyak nilai edukasi yang dapat diterima oleh sejumlah siswa yang mengikuti kegiatan ini,” pungkasnya. (dew/pms)

Related Articles

Back to top button