Berita UtamaCikarang

1.200 Ton Sampah Kali Jambe Diangkut

Sampah
MENINJAU KALI JAMBE: Camat Tambun Selatan, Junaefi meninjau proses pengangkutan sampah dari Kali Jambe di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Senin (2/12). CR49/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Sekitar 1.200 ton sampah diangkut dari aliran Kali Jambe di Kelurahan Jatimulya, Kecamatana Tambun Selatan. Jumlah sampah tersebut merupakan akumulasi dari pengangkutan yang dilakukan selama sembilan hari.

Berdasarkan pantauan Radar Bekasi, kali tersebut nampak mengering. Selain itu, sampah yang berada di sektiar Km 19 Jalan Tol Jakarta Cikampek pun terlihat telah diangkut.

Camat Tambun Selatan, Junaefi mengatakan, penanganan tumpukan sampah di aliran Kali Jambe sudah berhasil teratasi oleh Pemda Kabupaten Bekasi bersama dengan pihak-pihak terkait, seperti PT Wika dan PT Delta Djakarta.

Selain itu, pengangkutan juga dibantu dengan adanya peran perangkat kerja dari Kelurahan Jatimulya dan Desa Lambangsari beserta masyarakat setempat.

Dalam proses pengangkutan sampah itu, Junaefi mengungkapkan, petugas melakukannya dalam dua tahap. Pertama, dikerjakan mulai dari tanggal 11-14 November 2019. Kemudian dilanjut tahap dua, pada tanggal 25-29 November 2019.

”Jadi, pengerjaan secara dua tahap ini dilakukan setelah pada pengerjaan awal, beko (alat berat) yang digunakan pendek dan tak menjangkau sampah-sampah yang ada, sehingga dilakukan tahap dua dengan beko panjang jenis long arm milik PT Wika,” kata Junaefi saat meninjau Kali Jambe, Senin (2/12).

Pasca-Kali Jambe bersih dari sampah, pihaknya berencana memasang jaring di titik perbatasan Desa Lambangsari dan Kelurahan Jatimulya.

”Posisinya tepat di belakang perumahan Dukuh Bima. Tujuan jaring ini untuk menghalau sampah dari hulu yang dipastikan faktor utama menumpuknya sampah di Kali Jambe dalam tiga bulan ini. Selanjutnya, nanti kita siapkan petugas untuk membersihkan jaring tiap minggu,” ungkapnya.

Selain itu, Junaefi menegaskan, untuk lebih mengintensifkan lagi K4 di lingkungannya dan juga menekankan warga masyarakat agar sadar kebersihan lingkungan dengan tidak buang sampah sembarangan. ”Dengan kejadian ini, saya pastikan akan lebih galakan K3,” tegasnya. (cr49)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close