BekasiBerita UtamaMetropolis

Kota Bekasi jadi Zona Merah Kelompok Radikal

Sosialisasi
SOSIALISASI: Sejumlah peserta dari berbagai unsur nampak menghadiri sosialisasi cegah tangkal radikalisme dalam rangka Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu 2019, Kodim 0507/Bekasi, Rabu (27/11). IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Kota Bekasi menjadi zona merah (red zone) yang sangat berpotensi dijadikan tempat persembunyian kelompok terorisme di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan mantan Napi Terorisme (Napiter), Ramly, saat menjadi pembicara acara sosialisasi cegah tangkal radikalisme dalam rangka Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu 2019, Kodim 0507/Bekasi, Rabu (27/11).

Dia menjelaskan, kemunculan aksi atau kelompok terorisme di Tanah Air dimulai sejak tahun 2002 yang kala itu dipelopori oleh organisasi Jamaah Islamiyyah (JI).

”Kota Bekasi itu daerah yang sangat strategis untuk persembunyian kelompok teroris, karena akses yang mudah untuk ditinggali,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Radar Bekasi.

Seiring perkembangan, kata dia, muncul banyak organisasi terorisme lain yang memiliki aksi berbahaya dan perlu diwasapadai.

Dia juga memaparkan, pencegahan kelompok radikalisme tidak bisa dilakukan dengan cara yang keras dan kasar. Melainkan, perlu ada peranan masyarakat untuk terlibat melakukan deteksi dini.

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0507/Bekasi, Kapten Infantri Agus menjelaskan, acara sosialisasi yang diadakan bersama Pemkot Bekasi ini bertujuan mencegah aksi dan penyebaran paham radikal di tengah masyarakat, khususnya Kota Bekasi.
”Kita tahu masyarakat merupakan tulang punggung sebagai basis deteksi dini. Dan lewat kegiatan ini, kita ingin membangun kepedulian masyarakat untuk mencegah paham radikal di lingkungan masing-masing,” jelas Kapten Inf Agus.

Selanjutnya, dia berharap setelah masyarakat peduli lingkungan dapat bersinergi bersama aparat baik TNI-Polri maupun pemerintah dengan cara memberikan informasi kegiatan yang mengarah kepada radikalisme, sehingga aksi-aksi yang dapat merusak NKRI dapat segera ditangani.(cr49)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close