Berita UtamaPolitik

Pilihan Golkar Masih Rahasia

Golkar
MENGEMBALIKAN FORMULIR : Calon Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, ditemani pendukungnya mengembalikan formulir pendaftaran Caketum Golkar, Senin (2/12) sore. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – DPD Partai Golkar Kota Bekasi telah menentukan dukungan untuk calon ketua umum (caketum) DPP Partai Golkar. Tapi, nama caketum tersebut masih dirahasiakan.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kota Bekasi, Daryanto menyampaikan, pihaknya belum dapat mempublikasikan caketum pilihannya untuk mencegah perpecahan di internal partai.

”Maksudnya kita tidak mempublikasikan pilihan kita ke umum untuk menjaga agar tidak terjadi perpecahan, untuk tetap menjaga kesatuan dan persatuan di wilayah,” katanya kepada Radar Bekasi, Senin (2/12).

Walaupun sudah menentukan pilihan, dia mengaku belum dapat memastikan ada berapa banyak caketum yang maju dalam Munas 2019.

”Jumlahnya berapa banyak kami belum tahu. Karena pertama, nanti yang dibacakan adalah surat dukungan dari DPD tingkat 1 dan 2, nanti dari hasil dukungan itu baru akan muncul calonnya,” katanya.

Kemarin, kata dia, diwacanakan untuk dukungan calon minimal 30 persen. Namun, hal itu bisa saja berubah. ”Bila dukunganan hanya mengerucut hanya satu nama berarti bisa terpilih secara aklamasi,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon ketua umum (caketum) Partai Golkar di DPP Golkar, Jl. Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Senin (2/12), pukul 16.00 WIB.

Airlangga berjalan kaki dari kantor DPP Golkar menuju Graha Widyabhakti, tempat pengembalian formulir dengan didampingi puluhan orang. Di antaranya, Ketua DPD I Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi, Korbid Partai Golkar Azis Syamsuddin, Ketum MKGR Roem Kono, Ketua Koordinator Bidang Perempuan, Pemuda, dan Inovasi Sosial Partai Golkar Agus Gumiwang.

Hadir pula Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Ketum Soksi Ali Wongso, Ketum AMPI Dito Ariotedjo, Ahmad Doli Kurnia, dan politikus senior Golkar Rully Chairul Azwar. ”Airlangga dua periode,” seru para “pengantar” Airlangga itu berkali-kali.

Tiba di sana, Airlangga disambut Ketua Komite Pemilihan, Maman Abdurahman. ”Saat ini saya menempatkan ketum, sebagai bakal calon ketua umum. Semoga pendaftaran ini lancar,” ujar Maman.

”Yang berkuasa di meja ini panitia ketua pemilihan, tapi kalau sudah berdiri, ikut ketum lagi,” canda Airlangga sambil mencorat-coret beberapa berkas. “Inilah, saya diminta melengkapi formulir yang seharusnya panitia yang mengisi. Jadi saya lebih hafal dari panitia,” selorohnya disambut tawa.

Dia menyatakan sudah melengkapi semua persyaratan sebagai bakal caketum Partai Golkar. ”Bebas G30S ada, bebas narkoba, dari kepolisian SKCK ada. Karena saya pengalaman jadi anggota DPR berkali-kali,” ujar Airlangga. ”Dan ijazah lengkap, asli!” imbuhnya disambut riuh para pendukungnya.

Airlangga bilang, dari proses penjaringan awal ini, wartawan bisa mengikuti proses selanjutnya. Ini menunjukkan proses pemilihan ketua umum partai beringin berlangsung secara demokratis, transparan, dan terbuka.

”Dalam setiap proses teman-teman wartawan bisa menyaksikan sampai pada Munas. Jadi kita konsentrasi saja ke arena Munas,” tuturnya. (dan/okt/rmco)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close