Pendidikan

Kompetensi Kepsek Diuji

Radarbekasi.id – Kemampuan kepala sekolah (Kepsek) dinilai melalui Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) tersebut untuk mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam memimpin sekolah.

Kepala cabang Dinas Pendidikan Wilayah (KCD) III Casmadi menjelaskan, Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) akan berlangsung selama 2 Minggu yang serentak dilaksanakan se-Jawa Barat.

”Yang mengikuti ujian adalah kepala sekolah yang sudah 3 periode atau 12 tahun, jika sudah melakukan ujian dan dinyatakan lulus atau kompeten maka diperpanjang 1 periode lagi menjadi 4 periode,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (3/12).

Uji komptensi dilaksanakan selama empat kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Kemudian dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) ini kepala sekolah hanya dapat mengikutinya satu kali saja, jika dinyatakan tidak lulus dalam uji kompetensi kepala sekolah akan kembali menjadi seorang guru.

”Selesai penilaian tuh dibulan Desember sekitar tanggal 7 pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) selesai dan disini kepala sekolah yang mengikuti ujian hanya dapat melaksanakannya satu kali, jika dia gagal atau tidak lulus maka kepala sekolah tersebut akan menjadi seorang guru lagi di sekolahnya,” tuturnya.

Kemudian penilaian Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) meliputi Portofolio Kepala Sekolah serta Best Practice ketika menjalani tuganya selama 3 periode. Kemudian didalam penilaian tersebut kelengkapan Administrasi juga perlu diikuti oleh sejumlah kepala sekolah yang mengikuti penilaian Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) pada tahun ini.

”Kelengkapan administrasi itu akan dilaksanakan diawal jika sudah memenuhi kelengkapan tersebut maka kepala sekolah yang mengikuti Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) akan mengikuti beberapa penilaian yang sudah ditetapkan,” tukasnya.

Diketahui bahwa dari 11 kepala sekolah se-Jawa Barat yang mengikuti penilaian Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) hanya ada 3 orang kepala sekolah Kota Bekasi yang mengikuti penilaian di bulan November ini, dengan rincian kepala sekolah SMAN 2 Kota Bekasi, kepala sekolah SMAN 1 Kota Bekasi dan kepala sekolah SMAN 4 Kota Bekasi. Ketiga kepala sekolah tersebut saat ini sedang melaksanakan penilaian UKKS.

Sementara itu Kepala sekolah SMAN 2 Kota Bekasi Ekowati mengaku sudah memenuhi syarat administrasi serta telah melaksanakan penilaian Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) pada bulan November lalu. Dalam penilaiannya saat ini Ekowati dinyatakan lulus untuk melanjutkan jabatannya menjadi kepala sekolah melanjutkan satu periode yaitu periode ke empat.

”Alhamdulillah saya sudah mengikuti penilaian UKKS dan saat ini juga saya sudah mengetahui hasilnya, atas izin allah saya diberikan kelulusan untuk penilaian UKKS sehingga saya dapat melanjutkan tugas saya selama 4 periode,” pungkasnya.(dew)

Tinggalkan Balasan

Close