BekasiBerita UtamaMetropolis

Mahasiswa Tuntut Keterbukaan Informasi Publik

DEMO: Sejumlah mahasiswa melakukan aksi demo di depan PN Bekasi terkait rencana eksekusi lahan tempat tinggal di kampung Pilar, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (3/12).

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Puluhan mahasiswa mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Bekasi untuk menuntut keterbukaan informasi publik. Mereka mengaku membutuhkan sejumlah berkas untuk keberlangsungan penolakan rencana eksekusi penggusuran di Kampung Pilar, Jalan Jenderal Gatot Subroto, RT 01 dan 02 RW 02, Kabupaten Bekasi yang sebelumnya kasus ini berperkara di PN Bekasi, sebelum diresmikannya PN Cikarang.

Diketahui, warga yang terdiri dari 100 kepala keluarga atau 500 jiwa telah inkrah memperoleh hak atas tanahnya pada 2007 lalu melalui keputusan Mahkamah Agung. Namun ada oknum masih berusaha untuk menguasai tanah milik rakyat.

”Kasus ini tidak akan selesai jika para elit negeri ini tidak memberangusnya, dengan luas tanah 1,6 hektar secara menyeluruh dari dua RT,” kata koordinator aksi, Lintar Maulana, Selasa (3/12).

Beberapa waktu lalu warga terkejut dengan terbitnya surat putusan perkara eksekusi lahan tempat tinggal oleh PN Cikarang yang dinilai tanpa sosialisasi mengenai informasi rencana eksekusi tersebut.

Setelah beberapa saat melakukan orasi di depan kantor PN Bekasi, perwakilan mahasiswa diterima oleh pihak PN Bekasi. Dalam keputusan pertemuan keduanya, mahasiswa dan warga kampung Pilar bisa untuk mempelajari semua dokumen yang diperlukan, namun tidak berhak untuk mendapatkan salinannya.

”Jadi kalau misalnya terutama mengenai surat bukti itu tidak bisa kita serahkan ke yang lain, itu melanggar hak dari pemiliknya, tapi kalau produk kita putusan itu boleh,” ungkap Humas PN Bekasi Sihombing.

Sihombing menjelaskan, puluhan mahasiswa yang datang tidak termasuk kedalam pihak yang bersengketa, atau berkepentingan dengan data tersebut. Puluhan mahasiswa tersebut berencana untuk kembali menggelar aksi dengan jumlah yang lebih besar, melibatkan warga Pilar sebagai pihak yang terdampak. (sur)

Tinggalkan Balasan

Close