Berita UtamaCikarang

Sampah Masih Menumpuk, Rest Area Terancam Banjir

Sampah
BELUM DIANGKUT: Kondisi sampah Kali Busa yang belum diangkut di Kelurahan Mangunjaya masih di pinggir Jalan Tol Km 19 Jakarta-Cikampek masih dipenuhi sampah. CR49/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Proses pengangkutan sampah Kali Jambe di perbatasan Desa Lambangsari dan Kelurahan Mangunjaya belum tuntas. Sampah berbagai jenis bercampur lumpur masih terlihat menumpuk di pinggiran Rest Area Km 19 dan Rumah Potong Hewan (RPH) di pemukiman pinggir Kalimalang, Desa Mangunjaya.

Lurah Jatimulya, Charles Musnadi menyebut, pihaknya tidak mengetahui soal tumpukan sampah yang tak terangkut di lokasi tersebut. Justru, dia balik bertanya terkait lokasi keberadaan sampah tersebut.

Setelah dijelaskan lokasi tumpukan sampah yang memang masih berada di wilayahnya itu Charles pun mengakui, jika tumpukan sampah itu memang ada dan belum sempat diangkat dalam proses pengangkutan yang dikerjakan sampai 29 November 2019 kemarin.

”Bertahap bang, karena pinjaman truck bekonya (alat berat) dibatasi. Begitu juga kata pak camat kemarin sudah menginformasikan sampah-sampah itu untuk tahap selanjutnya bang, nanti kita cek lagi ya,” kata Charles melalui pesan tertulis kepada Radar Bekasi, Selasa (3/12).

Terpisah, Camat Tambun Selatan, Junaefi mengatakan, pengangkutan sampah yang masih menutupi aliran Kali Jambe itu akan dilakukan pada tahap selanjutnya. Yakni setelah pengerjaan jaring di belakang Perumahan Dukun Bima selesai dilakukan.

”Kita akan lakukan nanti ditahap ketiga, saat ini kita sedang merencanakan dulu untuk pasang jaring di perbatasan antara Desa Lambangsari dan Jatimulya, Kota Bekasi,” kata Junaefi.

Dia beralasan, pihaknya masih fokus mengangkut sampah di area yang berdampak dengan pemukiman dan perumahan warga serta di sekitar ruas Jakarta-Cikampek. ”Hal ini untuk menghindari banjir saat hujan turun. Alhamdulillah sembilah hari selesai,” kilahnya.

Sementara itu, Humas PT Jasa Marga Tbk cabang Tol Jakarta-Cikampek, Hendra Danamik menyatakan, dia mengaku tidak tahu kalau masih ada sampah di Kali Jambe.
”Dimana mas? laporan yang kami terima sampah di Kali Jambe sudah diangkut semua. Kebetulan kan kita yang kerjakan juga kemarin, coba kita cek lagi ya,” ujar Hendra sambil menunjukan foto hasil pengangkutan sampah petugasnya.

Hendra menegaskan, dalam proses pengangkutan sampah di aliran Kali Jambe itu dikerjakan oleh tim dari Jasa Marga, khususnya di area sekitaran Tol Jakarta-Cikampek karena itu juga merupakan bagian tanggung jawab.

”Mungkin posisi tumpukan sampah itu diluar tanggung jawab kami, karena kalaupun dikordinasikan dari pemerintah setempat pasti kita akan cepat meresponnya. Kita tanggap kok mas,” pungkasnya. (cr49)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close