Berita UtamaOlahraga

Wacana Pemisahan Cabor PABBSI Menguat

Radarbekasi.id – Wacana pemisahan subcabang Persatuan Angkat Besi, Berat dan Binaraga, Seluruh Indonesia (PABBSI) kian menguat di tingkat Pengurus Provinsi (Pengprov) Jawa Barat.

Bahkan, pembahasan mengenai pembentukan pengurus di masing-masing sub bakal dilakukan Desember 2019 ini.

Menanggapi kabar tersebut, Sekretaris Umum PABBSI Kabupaten Bekasi, Junaedi mengakui bahwa subcabang yang ada di PABBSI yakni angkat besi, angkat berat dan binaraga akan dipisahkan.

”Nantinya sendiri-sendiri, Desember ini akan ada rapat pembahasan pemisahan subcabang PABBSI oleh Pengprov. Jadwalnya sendiri, memang belum kita terima. Tapi wacananya sudah kencang,” ujarnya ketika ditemui Radar Bekasi di kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi, Jalan Rawa Tembaga, Kecamatan Bekasi Selatan, Selasa (3/12).

Jun sapaan akrabnya menyebutkan, bahwa wacana pemisahan sudah disampaikan International Weightlifting Federation (IWF) pada tahun 2014. Namun, hingga saat ini belum ada tindak lanjut.

”Bentuknya surat, dan meminta pengurus PABBSI untuk membuat kepengurusan mandiri. Jika tidak, Indonesia bakal sulit ke Olimpiade,” jelasnya.

Diketahui, kata dia, PABBSI selama ini menaungi tiga cabang olahraga, yakni angkat besi, angkat berat, dan binaraga. Belakangan, hal itu dipermasalahkan hingga desakan dari IWF semakin besar.

”Bila memang ada perubahan, jelas akan langsung berimbas ke tiap daerah. Dan bakal ada kepengurusan baru di masing-masing cabang,” katanya.

Menurut Jun, apa yang sudah ditetapkan seyogianya dilakukan. Karena untuk angkat besi, berbeda dengan angkat berat dan binaraga.

”Yang pasti, PB PABBSI akan menggelar musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) pada 16 Desember. Selebihnya, setelah PON atau di tahun 2020 kepengurusan sudah terpisah. Dan kepengurusan sudah masing-masing,” imbuhnya.

Dari wacana yang berkembang, Kata Jun, nama dan sebutan masing-masing cabang yang nantinya akan diterapkan, untuk angkat besi menjadi Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), angkat berat menjadi Angkat Berat Indonesia (ABI), sedangkan binaraga menjadi Federasi Binaraga dan Fitness Indonesia (FBFI).

”Iya, itu bahasan yang saat ini sampai ke kita. Dan di tingkat provinsi juga kemungkinan sudah mulai melakukan persiapan untuk pemisahan tersebut,” tukasnya. (dan)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close