BekasiPeristiwa

Tanggul Jebol, Pemukiman Terandam

TANGGUL JEBOL: Warga melintasi genangan air sedalam 50 cm di samping tanggul yang jebol di Perumahan Cahaya Kemang Permai, Jatibening Baru, Pondokgede, Kota Bekasi, Rabu (4/12). Tanggul yang jebol sepanjang 30 meter diperumahan tersebut sedikitnya meredam 200 KK. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tanggul di perumahan Cahaya Kemang Permai (CKP), Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi jebol, rabu malam kemarin. Akibatnya, air tumpah ke area perumahan warga.

Di lokasi, air menggenang hingga setinggi lutut orang dewasa. Ketua RW 04, Abdul Rosyid mengatakan bahwa titik tanggul yang jebol merupakan tanggul lama, asli dibangun oleh pengembang.

Beberapa rumah milik warga sengaja sudah ditinggikan. Meskipun demikian kendaraan milik warga harus tetap diungsikan ke lokasi yang lebih tinggi untuk menghindari genangan air.

”Itu tadi sekitar jam 9an, pas hujan, karena tadi itu hujan cukup deras. Mengungsi sih engga (warga sekitar), cuma kendaraan memang harus diparkir dijalan,” katanya, Rabu (4/12).

Tanggul yang jebol tersebut diakui oleh Rosyid nampak sudah rapuh, tahun lalu tidak jauh dari lokasi titik tanggul lainnya juga jebol, mengakibatkan hal yang sama, air tumpah ke wilayah permukiman warga. Setidaknya ada 200 kepala keluarga di wilayah tersebut.

Warga tetap bertahan dirumahnya masing-masing, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) nampak berada dilokasi kejadian.

Wakil Ketua Satgas BPBD, Karsono menyampaikan panjang tanggul yang jebol sekira 12 meter, sementara tujuh meter lainnya rentan jebol akibat tidak kuat menahan debit air.

”Yang ini sebelah kanan jembatan kurang lebih 12 meter yang roboh, rentan kurang lebih tujuh meter,” terang Karsono sembari mengatakan, kejadian serupa diketahui sudah terjadi ketiga kalinya di wilayah tersebut. (Sur)

Related Articles

Back to top button