BekasiBerita UtamaMetropolisTransportasi

Tol Japek Elevated Gratis

Operasional Selama Nataru 2019

DIGRATISKAN: Sejumlah pengendara melintas di bawah Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated II) di Bekasi Selatan, Rabu (4/12). Kementerian Perhubungan akan menggratiskan operasional tol layang Jakarta-Cikampek pada tanggal 15 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat libur natal dan tahun baru. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tol layang Jakarta Cikampek (Japek) Elevated dipastikan bakal dibuka pada pekan kedua Desember 2019. Tol ini rencananya akan digratiskan selama natal hingga tahun baru (Nataru).

Kepastian mengenai peresmian dan tarif tol lebih dahulu diterangkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum lama ini.

Hal ini juga dibernarkan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JCC), Djoko Dwijono mengenai peresmian dan tarif gratis Tol Japek Elevated.

”Yang saya dengar demikian disampaikan oleh pak Menteri PUPR, rencana akan difungsikan pada saat lalu lintas liburan natal dan tahun baru. Biasanya dalam masa uji coba fungsional tersebut jalan tol elevated masih belum dikenai tarif,” katanya kepada Radar Bekasi melalui pesan singkat, Rabu (4/12).

Dia mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa mendahului apa yang belum disampaikan oleh Menteri PUPR. Namun, yang jelas tarif gratis hanya untuk Japek Elevated, sementara ruas Tol Japek yang berada dibawahnya tetap dikenakan tarif.

Sejauh ini, berkenaan dengan tarif tol Japek Elevated sedang dalam pembahasan, belum ada penentuan harga untuk tol layang sepanjang 38 km ini.

”Pak menteri pesan bahwa yang masuk kendaraan kecil (pribadi golongan1),” lanjut Djoko.

Selain Japek Elevated, diketahui tol lain yang akan dibuka menjelang akhir tahun ini adalah tol Balikpapan-Samarinda. Diungkap oleh BPJT, peresmian keduanya menunggu jadwal Presiden Republik Indonesia. (sur)

Related Articles

Back to top button