Berita UtamaPendidikan

Optimis Mutu Pendidikan Tak Menurun

program
ILUSTRASI: Sejumlah siswa salah satu SMAN di Kota Bekasi mengikuti kegiatan di sekolah mereka. Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III optimis program gratis SPP tingkat SMA/sederajat tak akan menurunkan mutu pendidikan.Dok

Radarbekasi.id – Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III optimis program gratis SPP tingkat SMA/sederajat tak akan menurunkan mutu pendidikan di setiap satuan pendidikan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Casmadi mengungkapkan, mutu pendidikan tak akan turun karena Pemerintah Jawa Barat dalam mengambil keputusan pasti sudah memperhitungkannya dengan baik. Dalam hal ini tentunya dibutuhkan komitmen serta kerja sama antarinstansi sekolah serta guru untuk dapat menyatukan visi dan misinya.

”Insyaallah mutu pendidikan tidak akan menurun karena setiap sekolah pasti memiliki visi dan misi yang sama yaitu mencerdaskan generasi penerus bangsa. Maka dari itu disini membutuhkan kerja sama yang baik antarpengurus sekolah beserta jajarannya agar kualitas dan mutu pendidikan tetap terjaga dengan baik,” ungkap Casmadi kepada Radar Bekasi, Rabu (4/12).

Menurutnya, naik atau turun mutu pendidikan tergantung pada kualitas para pendidik. Melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) setiap guru mata pelajaran masing-masing akan mengikuti pelatihan-pelatihan mata pelajaran agar dapat meng-upgrade keilmuannya dalam mata pelajaran yang ada.

”Dengan kualitas pendidikan yang baik, maka mutu pendidikan akan terjaga dengan baik,” tukasnya.

Dikatakan Casmadi, gratis SPP dapat mengurangi beban orang tua khususnya yang memiliki keterbatasan biaya dalam menyekolahkan anaknya.

”Keputusan ini menurut saya sangat membantu bagi siswa yang memiliki kemampuan, lebih namun memiliki keterbatasan dengan pembiayaan sekolah. Semoga dengan adanya keputusan ini seluruh pelajar memiliki kesempatan yang sama yaitu dapat menimba ilmu dengan baik,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah tak mau berbicara banyak terkait kebijakan ini. Namun dia berharap program SPP gratis dapat memperbaiki mutu pendidikan yang ada saat ini.

”Saya nggak bisa banyak berkomentar karena itu adalah ranahnya provinsi. Namun jika sudah diputuskan seperti itu, maka diharapkan mutu pendidikan akan semakin meningkat,” ungkapnya.

Inayatullah mengatakan, biaya SPP sebenarnya tidak digratiskan melainkan dana dana tersebut digantikan oleh masing-masing pemerintah yang memutuskan hal tersebut.

”Sebenarnya itu kan bukan gratis, melainkan dana SPP tersebut digantikan oleh pemerintah, maka disebutlah SPP gratis. Jadi setiap pemerintah sudah memperhitungkan itu,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

Back to top button