Pendidikan

Pastikan Tak Ada Soal Bermuatan Materi Khilafah

KBM
ILUSTRASI: Siswa salah satu sekolah madrasah mengikuti KBM. Kemenag Kota Bekasi tidak menemukan soal bermuatan materi Khilafah pada penilaian akhir sekolah (PAS) yang diselenggarakan sejak 2 Desember 2019 di sekolah madrasah.Dok

Radarbekasi.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bekasi memastikan tak ada soal bermuatan materi Khilafah pada penilaian akhir sekolah (PAS) yang diselenggarakan sejak 2 Desember 2019 di sekolah madrasah.

Humas Kemenag Kota Bekasi Raden Deden Taufiqurrahman mengatakan, bahwa pada pelaksanaan PAS tahun ajaran 2018/2019 yang diikuti siswa madrasah pihaknya tidak mendapatkan laporan mengenai materi soal bermuatan Khilafah.

”Sampai saat ini tidak ada laporan mengenai soal-soal yang bersifat Khilafah dan radikalisme yang dikerjakan oleh siswa tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jadi sampai saat ini aman,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (5/11).

Lebih lanjut Deden mengatakan, materi soal PAS dibuat oleh kelompok kerja madrasah (KKM) tingkat pusat. Oleh sebab itu, jika materi soal bermasalah maka pihaknya akan mendapatkan laporan.

Sementara, Wakil Kepala SD Al-Huda Pondok Hijau Rawalumbu Didin Fahruddin mengatakan, bahwa sejumlah soal yang dikerjakan oleh seluruh siswanya tidak ada yang mengandung unsur-unsur materi Khilafah. Sebelum kegiatan PAS dilaksanakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan.

”Tidak ada soal yang menyangkut unsur-unsur seperti itu, karena kami pihak sekolah sudah mengecek terlebih dahulu lembar soal yang akan dikerjakan oleh seluruh siswa kami,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Yayasan SMP Qur’an Katsir Broading School Bekasi Zait Abdurahman Afif. Ia mengatakan, bahwa soal-soal terkait materi Khilafah tidak termasuk kedalam materi pembelajaran agama.

”Materi pembelajaran Khilafah tidak kami terapkan di KBM, jadi soal-soalnya pun tidak ada yang menyangkut materi Khilafah tersebut. Sebab soal-soal yang ada pun akan menyesuaikan dengan materi yang sudah diajarkan pada saat KBM ketika berada diruang kelas,” pungkasnya. (dew)

Tags
Close