Pendidikan

Penulisan Buku Agama Hampir Selesai

Radarbekasi.id – Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama tengah menyelesaikan proses review dan penulisan buku Pendidikan Agama Islam (PAI). Total ada 155 buku yang telah di-review dan hampir selesai penulisannya.

”Target kami, buku-buku tersebut sudah bisa digunakan pada tahun ajaran baru 2020/2021,” jelas Umar, dikutip dalam laman resmi Kemenag, kemarin.

Menurut Umar, penulisan buku ini diorientasikan agar Pendidikan Agama Islam di madrasah bisa menjadi instrumen perekat kehidupan berbangsa dan bernegara. Target kompetensi dasarnya tidak sekadar pada aspek pengetahuan, tapi juga internalisasi dan transformasi nilai agama dalam konteks kehidupan sosial masyarakat.

”Penulisan juga mempertimbangkan pembelajaran abad 21 yang diperkuat dengan nilai-nilai akhlak, modernitas, dan responsif atas kebutuhan kehidupan bernegara yang harmonis,” ujarnya.

”Materi yang berpotensi menjadi pintu masuk paham ekstrimis dan anti-Pancasila diganti dengan konten yang menguatkan moderasi beragama,” lanjutnya.

Direktur KSKK Madrasah mengapresiasi saran, masukan, kritik, dan respon cepat masyarakat saat menemukan hal-hal yang dinilai berpotensi memunculkan kesalahpahaman. Respon cepat itu memudahkan Kementerian Agama untuk mengambil langkah-langkah perbaikan.

”Jika menemukan sesuatu yang bertentangan dengan semangat dan visi moderasi Islam, silahkan langsung dikomunikasikan kepada kami atau Kemenag Provinsi dan Kab/Kota sehingga kita bisa segera mengambil langkah produktif untuk kebaikan bersama,” tandasnya. (oke/tim)

Close