Cikarang

Tamsel Usulkan Siswa Wajib Bawa Perlengkapan Makan

Upaya Mengurangi Sampah

Radarbekasi.id – Kecamatan Tambun Selatan mengusulkan siswa yang sekolah di wilayah setempat untuk membawa tempat makan dan tempat minum sendiri. Hal itu sebagai salah satu upaya penanggulangan sampah yang terjadi di wilayah setempat.

Camat Tambun Selatan, Junaefi mengatakan, program tersebut sempat terlaksana saat dia masih menjabat sebagai camat Muaragembong.

Kala itu, dia menceritakan, dirinya berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi agar dikeluarkan edaran berupaya imbauan siswa membawa tempat makan dan minum sendiri.

Program itu pun mendapat respon positif dari dinas terkait dengan langsung mengumpulkan kepala sekolah. Hingga akhirnya dicanangkan ’Sekolah Berkarakter’.

’Sekolah Berkarakter’ menjadi program inovasi Disdik yang mana salah satu didalamnya diterapkannya siswa-siswi untuk membawa tempat makan dan minumnya sendiri. Dan pencanangan itu pun hingga kini masih berlanjut.

”Ya, secara otomatis apa yang saya terapkan di sana (Muaragembong) dan sudah dicanangkan, maka kini jadi camat Tambun Selatan akan kita koordinasi lagi ke Dinas Pendidikan agar kembali bisa diterapkan dan dicanangkan di sini (Tambun Selatan),” ungkapnya.

Junaefi menilai, penerapan ini perlu dilakukan karena melihat dari kebiasaan banyaknya sekolah yang kerap dihadiri oleh jajanan sekolah dengan kemasan plastik.

”Kita banyak melihat jajanan anak sekolah yang menggunakan plastik, dan setelah itu akan timbul menjadi sampah,” katanya.

Dia menambahkan, penanganan persoalan sampah dibutuhkan kerja sama dari semua pihak.

Untuk di Tambun Selatan, kata dia, jumlah penduduknya hampir sebanyak 550 ribu jiwa. Secara otomatis akan menimbulkan banyak sampah. Salah satunya kasus sampah yang menumpuk di Kali Jambe beberapa waktu lalu.

Selain itu, kata dia, kondisi TPA Burangkeng milik Pemkab Bekasi pun sudah overload. Dengan kondisi seperti ini, diperlukan program untuk bisa mengurangi tumpukan sampah itu. (cr49)

Related Articles

Back to top button