BekasiBerita UtamaMetropolis

Kampung Hidroponik Asri Sejahtera Juara 1 Lomba Hidroponik

Bekasi Utara akan Kembangkan Budidaya Hidroponik

KECAMATAN BEKASI UTARA
TUNJUKAN PIALA: Camat Bekasi Utara, Lukman Nurhakim (tengah) berfoto besama Kelompok Hidroponik Asri Sejahtera. Dia menunjukan Piala Juara 1 Kampung hidroponik tingkat Kota Bekasi didampingi oleh Sekcam Bekasi Utara Siti Wachidah (pertama dari kanan). IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Kampung Hidroponik Asri Sejahtera Lingkungan di RT 13 RW 21 Kelurahan Kaliabang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara, menjadi Juara 1 dalam Lomba Hidroponik tingkat Kota Bekasi, beberapa waktu lalu.

Salah satu hal yang menjadikan Kampung Hidroponik Asri Sejahtera Juara 1 karena penanamannya merata di setiap lingkungan setempat. Bahkan, mereka menanam sayuran hidroponik di berbagai tempat. Dari pintu gerbang rumah, atap rumah dan tempat-tempat yang tidak biasa.

Ketua Hidroponik Asri Sejahtera RT 13 RW 21 Kelurahan Kaliabang Tengah, Enny Wulandari mengatakan, pihaknya tidak menyangka akan menjadi Juara 1 Lomba Hidroponik Kota Bekasi.

Menurutnya, salah satu hal yang menjadikan pihaknya juara karena terdapat beragam jenis sayuran yang ditanam. Kemudian, antusias warga juga ikut menjadi penilaian tinggi.

FBBB
TUNJUKAN PIALA DAN PIAGAM: Kelompok Hidroponik Asri Sejahtera RT 13 RW 21 berfoto bersama dan menunjukan piala dan penghargaan di depan rumah Ketua Hidroponik Asri Sejahtera, Enny Wulandari. IST/RADAR BEKASI

Beberapa sayuran hidroponik yang ditanam yakni, selada, kale, sawi samhong, seledri, pakchoy, caisim, kangkung, sawi pagoda, bayam merah dan bayam hijau.

”Ya meski kita baru lima bulan berjalan, kita berhasil menjadi juara satu, ini berkat kerja sama warga dan pemerintah kecamatan yang mendukung kita,” katanya, Kamis (12/12).
Pihaknya akan tetap mengembangkan budidaya hidroponik di wilayah setempat. Supaya, dapat ikut memiliki daya jual dan menambah penghasilan warga setempat.

”Kita akan coba kembangkan lagi sayuran hidroponik ini biar menjadi nilai tambah untuk masyarakat sekitar. Kita harapkan pemerintah juga dapat membantu mencari penampung hasil sayur hidroponik yang kita tanam,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Bekasi Utara, Siti Wachidah menyampaikan, pihaknya bangga dengan prestasi penggiat hidroponik Asri Sejahtera yang menjadi juara satu tingkat Kota Bekasi. Meskipun, baru lima bulan menanam hidroponik dengan kemampuan yang diperoleh secara otodidak.

”Pemerintah nantinya akan menyiapkan pemasaran dari para penggiat hidroponik. Kita sudah bicarakan itu dengan pemimpin Pemerintah Kota Bekasi,” ujarnya.

Kecamatan Bekasi Utara
MENANAM HIDROPONIK: Para pengurus Hidroponik Asri Sejahtera menunjukan sayur pagoda hasil budidaya hidroponik. IST/RADAR BEKASI

Pihaknya juga mengaku, yang mengikuti lomba Hidroponik tingkat Kota Bekasi tidak hanya Kampung Hidroponik Asri Sejahtera saja. Sejumlah kelurahan yang ada di Bekasi Utara juga dilibatkan. Akan tetapi yang menjadi juara hanya kampung Hidroponik Asri Sejahtera saja.

Melihat banyaknya warga yang antusias dengan kampung hidroponik, pihaknya juga akan terus mendorong masyarakat bercocok tanam hidroponik ke depannya. ”Kita akan sosialisasikan di kelurahan dan di lingkungan RT dan RW yang ada di lingkungan kita. Kita tidak akan fokus di satu kampung saja,” ucapnya.

Dirinya menilai bahwa penggiat di Kecamatan Bekasi Utara cukup banyak. Karena dari setiap kelurahan memiliki kampung hidroponik. Kedepannya para penggiat akan mendapat pelatihan dan penyuluhan.

”Mudah-mudahan kedepan kita akan support penggiat hidroponik. Dan kedepan penggiat hidroponik mendapat edukasi agar dapat mengembangkan hidroponik lebih baik dan menghasilkan,” tukasnya. (pay/adv)

Related Articles

Back to top button