BekasiBerita UtamaCikarang

Satpol PP Kesulitan Tertibkan Bangli

BANGLI: Sejumlah bangunan liar (bangli) yang berada di sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang, masih belum ditertibkan oleh Satpol PP. DOK/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pelaksana tugas (Plt) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna, mengaku kesulitan atau tidak bisa bekerja sendiri untuk menertibkan bangunan liar (bangli) yang berada di sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang, tanpa bantuan dinas tekhnis.

”Kami mengakui, sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda), tidak dapat bekerja sendiri. Oleh sebab itu, perlu ada kerja sama dari berbagai pihak untuk pendekatan secara persuasif,” kata Yana, Minggu (15/12).

Saat ini, kata Yana, pihaknya sedang berusaha secara maksimal untuk menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Satpol PP dalam penegakan Perda. Akan tetapi, perlu adanya peran serta dari dinas teknis.

Ia mencontohkan, terkait bangli ada di Dinas Perizinan. Sementara perizinan Tempat Hiburan Malam (THM) ada di Dinas Pariwisataan. Sehingga, dalam menata atau melakukan penertiban sesuai Perda, pihaknya harus melakukan koordinasi dengan dinas terkait.

Diakui Yana, kondisi bangli di Kalimalang sangat mengganggu keindahan, ketertiban umum, dan pengguna jalan raya. Bahkan tahun lalu, beberapa bangli, khususnya di Kalimalang sudah ditertibkan, tapi seiring berjalannya waktu kembali muncul.

”Memang untuk masalah bangli ini perlu kerjasama. Sehingga, begitu selesai dilakukan penertiban, dinas terkait bisa langsung memanfaatkan lahan negara ini sesuai fungsinya,” harap Yana.

Sementara itu, salah satu pengguna jalan, Yubung mendesak agar Pemkab Bekasi dapat menyelesaikan penertiban bangli yang berada di pinggir Jalan Raya Kalimalang tersebut.

”Padahal jalan sudah dibangun berikut pedestrian (trotoar) buat pejalan kaki. Akan tetapi, masih ada segelintir orang yang memanfaatkan lahan tersebut untuk kepentingan pribadi,” sesal Yubung. (and)

Related Articles

Back to top button