BekasiBerita UtamaKesehatan

Siapkan Serum Anti Bisa Ular

TUNJUKAN SERUM: Petugas kesehatan RSUD Kota Bekasi menunjukan serum anti bisa ular Polivalen di RSUD Kota Bekasi, Selasa (17/12). RSUD Kota Bekasi menyediakan serum tersebut yang dibanderol Rp700ribu dengan sekali pemakaian. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – inas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi memastikan ketersediaan serum anti bisa ular di Kota Bekasi. Topik ini juga akan menjadi pembahasan dalam pertemuan bersama seluruh rumah sakit di Kota Bekasi.

”Kemungkinan besar kalau di rumah sakit tersedia, besok (hari ini) kan saya akan bertemu dengan seluruh rumah sakit, ini jadi salah satu bahannya, 34 RS yang bekerjasama dengan Pemkot Bekasi,” kata kepala Dinkes Kota Bekasi, Tanti Rohilawati ketika ditemui, Selasa (17/12).

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) drChasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Kusnanto Saidi memastikan serum anti bisa ular tersedia di RSUD. Radar Bekasi berkesempatan untuk diberi unjuk serum ular berbisa tersebut. ”Ada,” singkat Kusnanto melalui pesan singkat.

Kehadiran ular berbisa dewasa ini menjadi terror sebagian masyarakat Kota Bekasi, lantaran ular ini marak dijumpai bahkan di halaman rumah warga. Begitu dekatnya jarak antara manusia dengan hewan berbahaya ini menjadi momok tersendiri, tidak hanya di Kota Bekasi juga di kota-kota lain.

Komunitas Sahabat Reptil Bekasi juga sudah berkali-kali mengevakuasi ular bersama dengan Damkar Kota Bekasi. Tidak jarang juga warga meminta pertolongan kepada komunitas ini untuk melakukan sweeping ular dilingkungan sekitar.

”Yang perlu masyarakat ketahui kenapa sekarang ramai ular, pertama berubahnya habitat ular menjadi permukiman masyarakat atau pembangunan dimana-mana. Kedua, dimana saat ini (Oktober hingga Desember) musim berkembang biak ular, jadi tidak aneh jika saat ini banyak ular dipermukiman masyarakat,” jelas Ketua Komunitas Sahabat Reptil Bekasi, Usuf kepada Radar Bekasi.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk memotong pohon yang merambat ke dalam rumah, tutup akses masuk ular seperti lubang pembuangan air dan celah pintu rumah. Bersihkan tumpukan barang bekas sehingga menjadi tempat katak bersembunyi, dan gunakan wewangian yang menyengat di rumah atau lantai. (sur)

Related Articles

Back to top button