Pendidikan

Prodi BPKS Resmikan Taman Sehat

Prodi
FOTO BERSAMA- Dari kiri (Berdiri): Kaprodi Budaidaya Perkebunan Kelapa Sawit Toto Suryanto, Kepala PPPM Istianto Budhi Raharja, Sekretaris Direksi Isnainny, warga, warga, Ketua RT 02/12 Solihin, Direktur Nugroho Kristono, warga, Wadir III Bidang Kemahasiswaan Rufinusta Sinuraya; (Duduk), Dosen Vira Irma Sari, Dosen Ratih Rahhutami, Kemahasiswaan Arsad Samsuddin, dan Staf Eka Sinta Ayu Ningtias, saat foto bersama. Istimewa

Radarbekasi.id – Program Studi (Prodi) Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit (BPKS) Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi meresmikan sekaligus menyerahkan Taman Sehat kepada warga perumahan Perhubungan Darat Desa Cibuntu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Kamis (19/12). Taman Sehat merupakan wujud pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa Prodi BPKS, terdiri dari tiga bagian yaitu taman tanaman hias, taman tanaman obat keluarga (TOGA), taman vertikultur sayuran.

Acara peresmian dan penyerahan Taman Sehat dihadiri oleh civitas akamedika yang terdiri oleh Direktur Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi Nugroho Kristono, Wakil Direktur Rufinusta Sinuraya, Ketua Prodi BPKS Toto Suryanto, dan staff serta mahasiswa Prodi BPKS angkatan 2017 dan 2019. Selain itu, dihadiri oleh Ketua RT 02/12 Solihin dan beberapa warga setempat.

Prosesi peresmian Taman Sehat dimulai dengan pengguntingan pita oleh Ketua RT, Direktur, Wadir, dan Kaprodi BPKS. Kemudian dilakukan penyerahan secara simbolis bibit kelapa sawit dari Direktur kepada Ketua RT.

Selanjutnya dilakukan pemotongan tumpeng. Acara ditutup dengan panen perdana tanaman Pakcoy yang ditanam secara vertikultur di pipa paralon. Panen perdana dilakukan oleh Kaprodi BPKS dan dilanjutkan oleh masyarakat yang sangat antusias melihat vertikultur sayuran ini.

Ide Taman Sehat dimulai dari keinginan warga untuk memiliki lingkungan yang lebih asri dan rapi. Awalnya lokasi taman hanya berupa bebatuan dan kurang sehat.

Selanjutnya warga mulai berkomunikasi dengan civitas akademika Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi dan mahasiswa tentang keinginan mereka membuat taman. Pihak Prodi dan Himaprodi BPKS Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi pun menyambut baik keinginan tersebut. Mengingat hal tersebut sejalan dengan kewajiban pengabdian masyarakat yang perlu dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen.

Taman Sehat mulai dibangun pada Oktober dan selesai pada Desember 2019. Dalam kesempatan itu, Toto Suryanto mengatakan, perkembangan kelapa sawit saat ini mengalami banyak tantangan. Ia berharap, Taman Sehat bisa terus didukung warga.

”Dengan demikian, hubungan antara kampus dan warga bisa terus berjalan dengan baik. Selain itu, budidaya kelapa sawit dapat terus dijalankan,” ujar Toto.

Taman Sehat diharapkan dapat bermanfaat untuk warga. Nantinya Prodi BPKS berencana untuk melakukan edukasi kepada warga tentang melakukan teknik budidaya tanaman yang baik dan benar, serta mengenalkan tanaman kepada anak-anak agar mereka mulai mengenal dan menyayangi tanaman sejak dini.

”Kita sebisa mungkin akan terus mengedukasi warga tentang pembudidayaan kelapa sawit,” tukasnya.

Sementara, Nugroho Kristono menyampaikan, planet bumi merupakan rumah. Oleh karena itu, secara bersama-sama harus dijaga dan diperhatikan kesehatan lingkungannya.

Menurut Nugroho, Taman Sehat yang dibangun ini merupakan salah satu cara untuk merawat bumi. ”Adanya Taman Sehat lingkungan menjadi rapi dan nuansa hijau yang diberikan dapat membuat nyaman dan menentramkan hati yang melihatnya,” ungkapnya.

Nugroho sangat mendukung adanya TOGA di Taman Sehat, karena akan sangat bermanfaat untuk warga yang membutuhkan. Ia mengaku menanam TOGA di pekarangan tempat tinggalnya sehingga sudah merasakan manfaatnya.

”Kami harap Taman Sehat ini dapat bermanfaat untuk warga dan kerja sama bisa terus terjalin untuk program-program selanjutnya,” tukasnya.

Sementara, Solihin menyampaikan, terima kasih kepada Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi karena sudah membuat Taman Sehat sehingga lingkungannya lebih tertata rapi dan asri. Ia berharap kerja sama ini bisa terus terjalin dan berlanjut ke lokasi lainnya di lingkungan Blok C.

Menurutnya, Taman sehat ini adalah amanah yang sudah diberikan ke warga. Maka dari itu dirinya mengimbau kepada warga untuk sama-sama menjaga dan merawat taman ini.

”Ini adalah amanah namun tetap dalam hal ini kita juga meminta bimbingan dan arahan dari Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi untuk dapat memantau dan membimbing kita,” ungkapnya. (dew/pms)

Related Articles

Back to top button