Cikarang

Desa Sriamur Bebas Banjir

Radarbekasi.id – Musim penghujan yang kini mulai datang menghampiri sebagian besar masyarakat di wilayah Kabupaten Bekasi, tidak menjadi masalah berarti bagi warga yang tinggal di Desa Sriamur, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi.

Ya, pasalnya sebagian besar wilayah desa ini sudah dinyatakan bebas banjir dalam beberapa tahun terakhir. Itu setelah penggunaan dana desa oleh Pemerintah desa (Pemdes) difokuskan untuk membenahi sejumlah drainase dan jalan lingkungan.

Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sriamur Suherman mengatakan, hampir dua tahun terakhir ini dana desa yang bersumber dari APBN digunakan untuk pembenahan infrastruktur, baik perbaikan drainase maupun jalan lingkungan.

”Jadi, memang sejak dua tahun hingga 2019 ini dana desa yang diterima oleh Pemdes Sriamur kita fokuskan ke pembangunan infrastruktur. Mulai dari pembenahan drainase, dan jalan lingkungan,” kata Suherman dikantornya, Senin (23/12) lalu.

Menurut Suherman, kegiatan pembangunan fisik ini dianggap sebagai prioritas hasil musyawarah desa (musdes), demi mengantisipasi bencana banjir yang menimpa masyarakat desa Sriamur pada musim penghujan saat ini.

”Alhamdulillah, sampai saat ini dari sejumlah pembangunan fisik ini, khususnya perbaikan drainase tidak ada masyarakat yang mengalami kebanjiran. Adapun kalau banjir, surutnya cepet tak sampai mengganggu aktifitas warga,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, masalah banjir di wilayahnya hanya masih terjadi di Dusun II Kampung Duru. Penyebabnya bukan akibat dampak lingkungan atau buruknya drainase, melainkan disebabkan karena meluapnya kali Bekasi.

”Ya, untuk daerah rawan banjir tinggal beberapa titik lagi di Dusun II, Kampung Duri, sekitar 1,5 km di sepanjang kali Bekasi. Dan ini sedang dibuat drainase, sekaligus meminta pihak pengelola kali Bekasi merapikan tanggul agar luapan kali Bekasi tak banjiri pemukiman warga disana,” tandasnya. (Cr49)

Related Articles

Back to top button