BekasiBerita UtamaMetropolisPemkot

Pemkot Kampanye Diet Kantong Plastik

SOSIALISASI : Sejumlah komunitas mengkampanyekan diet pemakaian sampah plastik di CFD Jalan A Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Minggu (29/12). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi beserta sejumlah komunitas mulai mengkampanyekan diet kantong plastik di area Car Free Day (CFD) Bekasi, Minggu (29/12).

Peluncuran program mengurangi sampah plastik akan di lakukan di pusat perbelanjaan Metropolitan Mall (MM) Kota Bekasi hari ini, Senin (30/12).

Tidah hanya pemerintah, program itu pun melibatkan komunitas pecinta lingkungan, asosiasi dan anggota perusahaan ritel modern, dan kepala pasar se-Kota Bekasi.

Sebelumnya kampanye juga diadakan di pusat perbelanjaan, ritel modern dan pasar tradisional Kota Bekasi.

Kepala Dinas LH Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, kegiatan peluncuran program hari ini diantaranya deklarasi pengurangan sampah plastik oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), UMKM dan UPTD Pasar Tradisional di Kota Bekasi.

Usai deklari pihaknya pun melanjutkan dengan talk show, yang bertema ramah lingkungan. Pameran daur ulang sampah plastik kepada publik dan pembagian kantong belanja dipakai berulang kali atau reusable bagi pengunjung juga bakal dilakukan.

”Kampanye pengurangan sampah plastik kali ini untuk pusat perbelanjaan di Kota Bekasi. Diharapkan sampah plastik bisa diminimalisir bahkan zero sampah plastik di Kota Bekasi. Kita sudah memulai di Kantor Wali Kota Bekasi dan saat CFD,” terangnya, Minggu (28/12).

Lebih lanjut upaya kampanye ini dilakukan sebagai bagian dari kepedulian bersama mengatasi permasalahan sampah di Kota Bekasi. Terutama untuk mengurangi sampah plastik yang banyak mendominasi jumlah sampah di TPA Sumur Batu Kota Bekasi.

”Sampah di Kota Bekasi dalam sehari mencapai 1.890 ton dan 700 ton diantaranya adalah sampah plastik yang dihasilkan dari perusahaan ritel, perusahaan makanan, serta aktivitas perdagangan dan sampah rumah tangga. Kita ingin bertahap terus berkurang,” imbuhnya.

Terpisah, Pimpinan unit Metropolitan Mall Bekasi Amran Nukman.

Mengatakan, sebagai pusat perbelanjaan yang sudah beroperasi selama 26 tahun dan tetap menjadi destinasi pusat belanja bagi masyarakat Bekasi, pihaknya mendukung program pemerintah Kota Bekasi ini.

”Kami pengelola Metropolitan Mall Bekasi menyambut baik dan siap berpatisipasi dalam kegiatan menjadikan Bekasi bebas kantong plastik sekali pakai di tahun 2020 nanti,” katanya

Program dan kampanye pengurangan sampah didasari adanya Peraturan Wali Kota Bekasi tentang pengurangan penggunaan kantong plastik (Nomor 37 Tahun 2019 tanggal 25 Maret 2019), Instruksi Wali Kota Bekasi Nomor: 660.1/522/Dinas LH tanggal 31 Mei 2019 tentang Pencanangan Program Kantor Bersih dan Bebas Sampah di Lingkungan Komplek Perkantoran Jalan Ahmad Yani.

Kemudian, Surat Edaran Wali Kota Bekasi Nomor: 660.1/5096/DinasLH tanggal 13 Agustus 2019 tentang Program Kantor Bersih, Sehat dan Bebas Sampah dan Surat Edaran Wali Kota Bekasi Nomor: 660.1/6315/Dinas-LH tanggal 27 September 2019 tentang Larangan Penggunaan Kantong Plastik/Kemasan Plastik (Diberlakukan mulai 1 Oktober 2019). (pay)

Related Articles

Back to top button