BekasiBerita UtamaCikarangLingkungan

SDA PUPR Lakukan Pencegahan Banjir dan Kekeringan

PEMBANGUNAN FOLDER: Sejumlah pekerja sedang menyelesaikan pembangunan folder air di Karangbahagia, Kabupaten Bekasi, Minggu (29/12). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, sudah melakukan beberapa program pada tahun 2019. Diantaranya untuk mencegah terjadinya banjir dan kekeringan, termasuk menyalurkan air irigasi untuk persawahan.

”Ya, saat ini kami ada beberapa program, salah satunya untuk mengatasi masalah kekeringan dan banjir di beberapa titik. Terutama wilayah Cibarusah dan Bojongmangu,” ujar Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Nur Khaidir, Minggu (28/12).

Dia menjelaskan, untuk masalah kekeringan, pihaknya bekerjsama dengan Perusahaan Air Daerah Minum Tirta Bhagasasi (PDAM TB) untuk membangun embung air yang nantinya dikolaborasikan dengan PDAM TB,  dan disalurkan kepada masyarakat.

”Untuk masalah irigasi, kami akan membangun dengan melibatkan PT Jasa Tirta, sehingga dapat mengatasi kekeringan dan mengaliri persawahan,” terang Nur.

Ditambahkan Nur, program lainnya adalah menormalisasi saluran air serta beberapa titik kali, termasuk membangun beberapa saluran air (drainase).

Alhamdulillah beberapa program yang sudah kami rencanakan, pada tahun 2019 telah berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,” ucapnya.

Meski demikian, kata Nur, program tersebut akan dilanjutkan kembali pada tahun 2020. ”Kami meyakini, masalah kekeringan bisa terselesaikan secara bertahap. Dan paling tidak, jika musim kemarau, kekeringan tidak terlalu dirasakan oleh masyarakat seperti tahun-tahun sebelumnya,” pungkas Nur. (and/pms)

Related Articles

Back to top button