BekasiBerita UtamaCikarangLingkungan

Batasi Penggunaan Kantong Plastik

FOTO BERSAMA: Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup, APPBI, APRINDO, UMKM, dan UPTD Pasar Tradisional, saat sesi foto bersama dalam acara launching kampanye pengurangan kantong plastik di pusat perbelanjaan, yang berlangsung di Metropolitan Mall Bekasi Senin, (30/12) kemarin.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi, me-launching kampanye pengurangan kantong plastik di pusat perbelanjaan, Senin, (30/12) kemarin.

Dinas Lingkungan Hidup, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), UMKM dan UPTD Pasar Tradisional ikut ambil bagian.

Ketua APPBI DPC Bekasi Djaelani mengatakan, untuk mengurangi pemakaian kantong plastik pihaknya akan mengedukasi tenan dan ritel untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.

”Kita sekarang masih melakukan kampanye, mungkin di bulan Maret 2020 kita akan mulai melakukan pengurangan kantong plastik sekali pakai di semuanya tenan dan ritel yang ada di Mal Kota Bekasi,” kata Dzaelani di Metropolitan Mall Bekasi.

Menurutnya langkah yang pertama akan dilakukan oleh pihaknya kepada seluruh tenan dan ritel yang ada di Kota Bekasi mengacu pada Perwal Nomor 37 tahun 2019. Dan kedepannya pihaknya akan mengampanyekan dan mengedukasi kepada semua tenan dan ritel maupun semua mal yang ada di Kota Bekasi.

”Kita akan ganti kantong plastik dengan reusable bag, pergantian tersebut saya rasa para pedagang pun tidak merasa dibebankan,” ucapnya.

Di tempat yang sama Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menyampaikan, ini adalah bagian dari kampanye yang sudah cukup lama dilakukan dengan melibatkan masyarakat.

”Ini tahapan yang sudah kita lakukan, kita sebelumnya pernah laukan itu di CFD, Kampus dan di masyarakat nah sekarang ini adalah salah satu bentuk komitmen dan MM sebagai Mal yang tertua dan menjadi pelopor dan leader mereka siap semua tenannya akan mengurangi pemakaian kantong plastik,” ujarnya.

Pihaknya menargetkan pada HUT Kota Bekasi 10 Maret nanti, program tersebut sudah benar-benar berjalan. ”Kita harap kita menjadi kota ketiga tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai, melainkan kita akan menggunakan reusable bag. Bagi ritel atau tenan yang masih menggunakan kantong plastik nantinya kita akan lihat di Perwalnya dan pastinya kita akan libatkan LSM dan asosiasi melakukan imbauan dan pengawasan,” ungkapnya. (pay) 

Close