BekasiBerita UtamaCikarang

2019, Silpa Tembus Rp1.042 Triliun

Sekda Pemkab Bekasi, Uju

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi masih memiliki uang nganggur kurang lebih Rp1.042 triliun. Uang tersebut merupakan Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (Silpa) dari  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang tidak terserap selama tahun 2019.

”Memang realisasi pagu anggaran yang terserap hanya mencapai Rp5.527 triliun atau 85 persen dari total APBD tahun 2019 Rp6,4 triliun,” ujar Sekretaris Daeah (Sekda) Pemkab Bekasi, Uju, Kamis (2/1).

Menurut Uju, serapan anggaran tersebut tergolong lebih baik daripada tahun sebelumnya yang hanya mencapai sekitar 83 persen.

”Kami akui, untuk Silpa tahun 2019 ini masih tergolong tinggi. Tapi perlu diketahui, Silpa tersebut merupakan efisiensi dalam penggunaan anggaran,” terangnya.

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bekasi, Sutia Resmulyawan menjelaskan, untuk Silpa pada tahun 2019 yang mencapai Rp1.042 triliun, itu merupakan efisiensi anggaran dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

”Ya, Silpa tahun ini memang masih di atas Rp1 triliun lebih. Namun anggaran tersebut merupakan hasil kerja dan efisiensi. Jadi, nantinya anggaran itu bisa digunakan untuk pembangunan atau menyukseskan program Pemerintah Daerah tahun 2020,” ucapnya.

Lanjut Sutia, karena sudah ada perencanaan dan besaran jumlah Silpa, beberap waktu lalu Pemkab Bekasi sudah megalokasikan anggaran tersebut untuk antisipasi jika dibutuhkan oleh masyarakat.

”Pada intinya, penyerapan anggaran sudah maksimal, sebab angka ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Dengan terserapnya anggaran secara maksimal, juga turut dirasakan oleh masyarakat dari pembangunan dan program-program Pemkab Bekasi,” beber Sutia. (and) 

Related Articles

Back to top button